Mendesain mushola di rumah




Beberapa orang pastilah ada yang memiliki mushola di dalam maupun di luar rumahnya. Seberapa penting kehadiran mushola di dalam rumah? Musholla termasuk penting sebagai tempat beribadah yang meningkatkan keimanan penghuni rumah.

Apa yang perlu dipertimbangkan untuk mendesain mushola di rumah? Ruang musholla pada dasarnya sebuah ruang yang menghadap kiblat, karena itu perlu dipertimbangkan letak pintu, arah kiblat dan ukuran panjang dan lebar ruangan agar nyaman.

Letak dari musholla bisa berada dekat dengan ruang keluarga agar mudah dijangkau seluruh keluarga, atau agak terpisah sehingga tidak terganggu dengan aktivitas lain, sesuai dengan keinginan dari penghuni. Ukuran minimal untuk dimensi orang sholat per orangnya kira-kira 60×100 cm sehingga dari ukuran dimensi manusia ini bisa dilihat seberapa banyak anggota keluarga yang bisa sholat berjamaah. Adakalanya jumlah yang bisa sholat menyesuaikan tempat, namun bila musholla baru bisa dirancang menurut kebutuhan berapa orang yang bisa sholat.

Bagi Anda yang belum memiliki mushola dalam rumah, dan berminat memilikinya, berikut lima desain mushola yang bisa Anda jadikan pedoman:

1. Mushola Skylight

Skylight tak selalu ditempatkan di ruang utama. Untuk mushola Anda bisa menggunakan plafon berupa skylight berbentuk bulat. Skylight memberi nuansa lain pada mushola. Selain karena cahaya alami masuk menerangi, Anda pun bisa melihat langit sewaktu duduk di dalamnya. Dengan skylight, kedekatan dengan Sang Khalik pun seolah makin erat.

Mushola bisa dibangun di bagian paling depan rumah atau paling belakang. Bisa juga menyatu dengan ruang keluarga. Tujuannya, selain dimanfaatkan oleh penghuni rumah, mushola juga bisa untuk pengajian bersama para tamu. Atau untuk menjamu tamu saat buka bersama. Namun, untuk membedakan fungsinya dengan ruang lain, letakkan area wudhu di antara mushola dengan ruang keluarga.



2. Mushola Gantung

Anda bisa menempatkan mushola di lantai dua rumah. Desainnya lebih mirip teras yang dipagari kayu. Ruangan mushola berbentuk terbuka tanpa pintu dan tanpa dinding pembatas. Ini agar udara tetap mengalir vertikal dari atas ke bawah atau sebaliknya. Anda bisa membuat lantai mushola lebih rendah sekitar 30 sentimeter dibanding lantai ruang lainnya. Perbedaan tinggi lantai ini untuk mempertegas fungsi ruang. Dilihat dari lantai satu, mushola ini terlihat menggantung.

3. Mushola Beratap

Jika Anda ingin membuat mushola beratap, bangunlah mushola di lantai dua atau lantai paling tinggi di rumah Anda. Anda bisa membuat atap mushola berbentuk kubah agar lebih menyerupai mesjid. Lantainya lebih baik berbahan kayu untuk kenyamanan saat beribadah, sementara dindingnya tetap berbahan bata merah dengan variasi kayu. Letakkan kubah di tengah-tengah mushola ber diameter yang disesuaikan dengan luas mushola. Gunakan bahan akrilik transparan sebagai penutup kubah untuk memberi kesan estetika, sekaligus berfungsi sebagai jendela di atap. Tak lain agar cahaya bisa terus menerangi seluruh ruangan.

4. Mushola Taman

Anda mungkin ingin memisahkan mushola dari rumah. Jika demikian, taman bisa menjadi alternatifnya. Di antara taman nan asri dan menenangkan Anda bisa melakukan aktivitas ibadah dengan lebih khidmat. Namun usahakan jangan sampai terlalu jauh dengan rumah utama, agar mobilitas tak terlalu menguras tenaga.

Anda bisa membangun mushola berukuran 2,5 meter x 2,5 meter berlantai kayu. Untuk lebih memberikan kesan teduh, gunakan karpet berwarna hijau begitu pula interior lainnya agar serasi dengan suasana taman.

5. Mushola Panggung

Anda bisa membuat mushola di dalam rumah dengan memanfaatkan ruang yang tak terpakai. Buka sekat ruangan itu dan jadikan sebagai ruang terbuka. Untuk membedakan dengan ruang lainnya, tinggikan lantai sekitar 30 hingga 40 sentimeter, dan beri karpet tebal. Letakkan lemari kecil di sudut ruangan untuk meletakkan peralatan shalat atau buku-buku agama. Beri penerangan yang memadai sesuai dengan luas mushola. Jangan lupa meletakkan lukisan kaligrafi di dinding mushola.





COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Mendesain mushola di rumah
Mendesain mushola di rumah
http://blog.innomuslim.com/wp-content/uploads/2012/07/musholla-dalam-rumah-2.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/04/mendesain-mushola-di-rumah.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/04/mendesain-mushola-di-rumah.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy