Mesin Tinting: Apa dan Bagaimana?


Saat ini hampir disetiap toko/supermarket bahan bangunan pasti ada minimal satu pajangan mesin pembuat cat tembok yang berasal dari berbagai produsen cat terkenal. Namun pernahkah Anda tahu apa sebutan/nama dari mesin tersebut?... 

Dari sekian banyak nama-nama yang muncul maka kebanyakan orang di dunia menyebutnya dengan sebutan istilah Tinting Machine (mesin tinting/pewarna) dan Dispenser Colors machine (mesin penghasil warna), dan kayaknya lebih enak didengar ditelinga dengan menyebut Mesin Tinting karena lebih familiar.

Dari sekian banyak mesin tinting yang ada di pasaran, maka dapat dibagi menjadi 2 jenis mesin, yaitu mesin tinting otomatis dan mesin tinting manual. Keduanya sama-sama menggunakan komputer sebagai media pencarian formulasi warna cat tembok, tapi perbedaannya adalah terletak pada sistem pewarnaannya.

Mesin Tinting Otomatis
Sistem pewarnaannya sudah terkomputerisasi secara langsung (terintegrasi), artinya pada saat kita selesai memilih formulasi warna dikomputer, dan kemudian kita menekan tombol Enter pada keyboard, maka secara otomatis mesin tinting akan mengeluarkan warna-warna pilihan dan langsung mengisikannya pada kemasan kaleng base (base = tidak berwarna, merupakan bahan dasar cat yang belum diberi warna).



Mesin Tinting Manual
Sistem pewarnaannya dilakukan manual oleh operator mesin, dengan cara mencocokkan formula pada komputer dengan kode-kode yang ada pada mesin tinting. Jadi baik komputer maupun mesin tinting tidak terhubung langsung (masing-masing berdiri sendiri). Pengisian warnanya pun dilakukan berdasarkan ketelitian operator mesin.



Lalu setelah semua base terisi warna, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pencampuran warna (color mixer) dengan cara diaduk hingga merata oleh mesin pengaduk yang biasa disebut mixer machine. Baik mesin tinting otomatis maupun manual, keduanya melakukan pencampuran warna dengan menggunakan mesin pengaduk.



Keunggulan:
Mesin tinting otomatis memiliki keunggulan pada sisi fleksibilitas, tampilan mesin lebih mewah, kinerja pewarnaan lebih cepat dan system formulasi lebih terintegrasi (terkomputerisasi penuh).
 
Mesin tinting manual memiliki keunggulan sisi ketahanan, proses pewarnaan bisa lebih dari satu base sekaligus, saat listrik mati mesin masih bisa berfungsi, akurasi warna lebih terkontrol dan sistem kalibrasi mesin lebih mudah.

Kelemahannya:
Mesin tinting otomatis sangat bergantung pada listrik, sehingga pada saat mati listrik mesin otomatis tidak berfungsi, pewarnaan base harus satu-satu (jika pesanan cat banyak maka prosesnya jadi lebih lama), akurasi warna sangat bergantung pada sistem komputer, lonjakkan tegangan listrik juga sangat berpengaruh terhadap stabilitas akurasi warna (karena sistem komputer seringkali terganggu), proses kalibrasi mesin tidak mudah (harus oleh tenaga ahli).

Kinerja Mesin tinting manual sangat bergantung pada keahlian operator mesin (tidak semua orang bisa mengerjakannya dan harus di training secara khusus), tampilan mesin lebih simple (sederhana), proses pewarnaan jika hanya untuk satu base saja terasa lebih lama dibandingkan dengan yang otomatis.

Nah dari semua penjelasan di atas maka satu hal lagi yang lebih penting adalah bahwa kualitas colorant dan base sangat berperan penting dalam menentukan kualitas dan akurasi warna cat tembok tinting! Jadi belilah cat tembok tinting yang benar-benar terpercaya yang sudah mempunyai pengalaman penuh di dunia tinting. Pengalaman tersebut hanya bisa didapat pada merk-merk cat tembok yang hanya tersedia dalam tinting saja (tidak tersedia dalam ready mix)


Rubrik ini didukung penuh oleh cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.


Baca juga:
"Kuliner Walls Yuk...!!" disini!. 
"Kuliner Warna Yuk...!!" disini!. 
"Trend Warna Indonesia 2013: Pelangi Nusantara" disini! 
"Spectrum Color Expressions 2013" disini! 
"2013 Color Forecast" disini! 
"About Tinting: Cat Tembok Spectrum" disini!.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,175,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,173,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,2,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,15,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,97,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,23,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,69,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Mesin Tinting: Apa dan Bagaimana?
Mesin Tinting: Apa dan Bagaimana?
http://1.bp.blogspot.com/-M2993giqnPw/UCTI_gaTFZI/AAAAAAAAC5A/JAdsb0arAco/s1600/paint-swatches.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-M2993giqnPw/UCTI_gaTFZI/AAAAAAAAC5A/JAdsb0arAco/s72-c/paint-swatches.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/mesin-tinting-apa-dan-bagaimana.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/mesin-tinting-apa-dan-bagaimana.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy