Tinting Base: Apa dan Bagaimana?



Semua cat tembok tinting pastilah menggunakan base dan colorant untuk membuat produk catnya. Pada rubrik kali ini akan dibahas tentang apa dan bagaimana base itu.

Base itu bukan cat dan jika langsung diaplikasikan ke tembok bisa dipastikan tidak akan berwarna (walaupun ada jenis white base tertentu bisa langsung diaplikasikan), karena base tersebut cenderung transparan walaupun fisiknya terlihat berwarna putih atau kuning.

Masing-masing produsen cat tembok tinting mempunyai beberapa macam base yang berbeda satu sama lainnya, seperti:
Tintable white base (untuk warna putih dan bisa langsung diaplikasikan)
Pastel base (untuk warna-warna muda)
Light base (untuk warna-warna sangat muda)
Medium/mid base (untuk warna-warna agak tua)
Deep base (untuk warna-warna tua)
Accent base (untuk warna-warna mencolok)
Ultra-deep base (untuk warna-warna sangat tua)
Neutral base (untuk warna-warna netral).

Dari sekian banyak base, biasanya produsen cat tembok tinting mengelompokkannya kembali kedalam kelompok base yang lebih kecil, yaitu base untuk warna muda, tua, sangat tua, dan aksen. Sehingga para pemilik toko cat tidak terlalu banyak menyimpan banyak jenis base.

Agar lebih jelasnya kita pakai base cat tembok tinting 'Spectrum' sebagai contoh. Base Spectrum terdiri dari (bisa dilihat dari kode barcodenya) 4 macam base:
TBA = Tint Base A, base untuk warna-warna muda/pastel
DBC = Deep Tone Base C, untuk warna-warna tua
NBD = Netral Base , untuk warna-warna tua
Yell = Yellow Base, untuk warna-warna tua.

Pengelompokkan base ini selain untuk mempermudah proses kerja tinting/pewarnaan dengan menggunakan mesin tinting, juga memudahkan pihak toko cat dalam menetapkan harga untuk masing-masing kategori base.

Pada cat tembok tinting ‘Spectrum’ komposisi harga per-basenya hanya dibagi menjadi dua kategori yaitu harga untuk warna muda (TBA & DBC) dan warna tua (NBD & Yell) saja.

Sebagian besar produsen cat tembok tinting kebanyakan menetapkan kebijakan harganya adalah berdasarkan kategori basenya, namun ada juga yang menetapkan harga berdasarkan komposisi warna (tiap warna harganya berbeda-beda). Bahkan ada juga yang menetapkan harga sama untuk setiap kategori basenya.

Gimana? Jadi tau khan apa itu base dan apa arti/makna singkatan/kode base yang tertera pada barcode kaleng cat tembok tinting tersebut. Selamat bekerja!


Powered by cat tembok tinting Spectrum.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tinting Base: Apa dan Bagaimana?
Tinting Base: Apa dan Bagaimana?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIkDjjKWsCQR4NohUOchTx7ky0x-Wwp3HzhfIqa3uC0Kj3-BEryuN2f1YnusDH4PlgGVKsAM7H1bSQYZIe6okAj7kvyzgh7mh5QLCC3ECOeSQJSdEvL37ajte4_k3ybhn0aPedLvtpVtV0/s1600/spectrum.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIkDjjKWsCQR4NohUOchTx7ky0x-Wwp3HzhfIqa3uC0Kj3-BEryuN2f1YnusDH4PlgGVKsAM7H1bSQYZIe6okAj7kvyzgh7mh5QLCC3ECOeSQJSdEvL37ajte4_k3ybhn0aPedLvtpVtV0/s72-c/spectrum.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/09/tinting-base-apa-dan-bagaimana.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/09/tinting-base-apa-dan-bagaimana.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy