Rumah di Musim Hujan?



Kayaknya sekarang sudah mulai memasuki musim hujan walaupun belum merata diseluruh daerah. Nah biasanya jika musim hujan tiba ada saja masalah yang timbul, seperti wabah flu, batuk pilek, diare, dll. Dan hujan pun berdampak juga terhadap rumah.


Persoalan atap rumah
Atap rumah yang baik seharusnya dibuat sejak rumah mulai dibangun, karena rancangannya harus sesuai dengan konsep arsitektur rancang atap yang tahan terhadap hujan. Kasus yang paling sering muncul pada musim hujan adalah atap bocor pada rumah.
Lalu bagaimana jika kondisi atap rumah kita terlanjur dibangun apa adanya? Solusinya adalah setiap tiga bulan sekali melakukan pemeriksaan rutin pada bagian atap rumah. Apakah ada retak-retak, perlukah genteng yang lama diganti, adakah kayu pada atap (reng/usuk) mulai lapuk. Perhatikan juga daerah bubungan (wuwung-Jawa) karena plester semen pada bagian itu mulai retak dan bisa dirembesi air.

Jika terdapat retak rambut, berikan kawat kasa dan lapisi dengan waterproof. Tetapi untuk retak besar perlu ditambal dan diplester lagi. Dan jika memungkinkan disarankan menggunakan aluminium foil (1-2 mm) sebagai pelapis antara plafond an genteng. Alumunium foil itu berfungsi mengurangi penyerapan panas, menghindari tampias jika ada ketidaksempurnaan pada pemasangan genteng, sehingga air yang masuk dari genteng akan turun ke plank dan tidak sampai bocor kedalam rumah.

Sementara plafon yang dibiarkan lembab karena rembesan air, lama-lama bisalapuk dan ambrol. Jadi selain merusak estetika (keindahan) juga membahayakan dan biaya perbaikkan pun menjadi lebih mahal. Jika atap rumah menggunakan genteng beton, maka harus diperhatikan tingkat kemiringan atap maksimal 30 derajat, jarak antara reng baja dan permukaan reng harus rata.

Persoalan dinding/tembok
Saat musim hujan biasanya tembok rumah jadi lembab. Mungkin juga terkena rembesan dari atap rumah yang bocor. Tetapi jika atap rumah tidak bocor, maka kemungkinan besar air hujan tidak akan merembes masuk.
Pada bagian tembok luar (eksterior) sebaiknya dilapisi cat khusus untuk eksterior (misal: Kem-Tone Exterior Paint) sebagai pelindung terhadap cuaca dan jamur/lumut. Tetapi jika tembok terlanjur sudah hitam berjamur maka lapisan cat pada tembok harus dirontokkan terlebih dahulu, kemudian di cat kembali. Tembok yang retak harus ditambal atau diplester ulang, baru kemudian dilapisi cat atau waterproof.

Tembok luar yang dihias dengan batu alam ataupun batu artificial (replica stone) mempunyai resiko berlumut dan akan berakibat lembab pada tembok. Solusinya, lapisi batu tersebut dengan vernis dan precoat setiap 6 bulan atau 1 Tahun sekali agar kondisinya selalu terjaga. Jika berlumut atau berjamur maka terpaksa harus dikikis dengan gerinda walaupun hal ini sebenarnya dapat merusak tekstur batu.

Lantai dan lampu bagian luar
Lantai di dalam rumah sebaiknya lebih tinggi daripada lantai teras. Lalu sebaiknya tidak memakai materi lantai indoor untuk outdoor. Dan tampisan air hujan yang jatuh ke lantai teras dapat diatasi dengan membuat overstek. Agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah saat musim hujan, oleh sebab itu level ketinggian rumah harus lebih tinggi dari level jalan.
Pada saat musim hujan, lampu outdoor juga perlu diperhatikan. Periksa dan pastikan bahwa kabel tetap terbungkus rapi. Karena bila ada kabel yang terkelupas akan sangat membahayakan. Untuk lampu taman atau luar disarankan menggunakan aliran listrik DC, agar lebih aman karena tidak menghantarkan listrik.

Saluran air dan septik tank
Pada bagian lingkungan di sekitar rumah, hendaknya juga dilakukan pembersihan pada parit serta saluran air dari rumah secara rutin dan pastikan tidak tersumbat oleh kotoran dan sampah. Saluran roil rumah yang menuju ke parit sebaiknya dibuat dengan kemiringan cukup, untuk mencegah tergenangnya air.

Pasanglah kawat kasa dimulut saluran air untuk mencegah masuknya tikus, sebab binatang ini juga bisa membuntukan/menutup saluran air pada selokan/got. Untuk menghindari macetnya saluran pembuangan air pada kamar mandi dan wc, bagi daerah yang kadar air tanahnya tinggi maka sebaiknya bikin ruang rembesan air (septic tank) lebih besar. Lebih baik lagi jika lahan tempat tinggalnya lebih tinggi karena air dapat meluap. Lalu jika terletak di tanah di daerah rawan banjir dan kadar air tanahnya juga tinggi maka sebaiknya dibuat lebih dari satu daerah rembesan sedalam 3-4 meter.

Don't worry be happy...




Rubrik ini didukung penuh oleh cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum, ColorTone dan cat genteng: Tamitex & Panatex.


Baca juga:
Genteng apa yang cocok buat rumah Anda? Klik disini!
Wow Atap Bocor? Klik disini!
Rumah Sehat: Apa dan Bagaimana? Klik disini!
Tips Pengecatan Genteng. Klik disini!
Sejarah Genteng. Klik disini!
Sejarah Cat Tembok. Klik disini!





COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Rumah di Musim Hujan?
Rumah di Musim Hujan?
http://4.bp.blogspot.com/-SNRNdqWWssc/UGPwtE_J4dI/AAAAAAAAEs0/yM5Uu_QkajQ/s1600/HappyRain.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-SNRNdqWWssc/UGPwtE_J4dI/AAAAAAAAEs0/yM5Uu_QkajQ/s72-c/HappyRain.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/10/rumah-di-musim-hujan.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/10/rumah-di-musim-hujan.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy