Warna-Warni Imlek: Makna Tebu



Kepercayaan terhadap tebu di kalangan warga masyarakat Tionghoa telah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang silam. Mereka percaya bahwa tebu merupakan salah satu tanaman yang mampu mendatangkan hoki. Tebu yang dimaksud disini tentunya bukan tebu sembarang tebu.

Tebu yang dipercaya membawa keberuntungan adalah tebu yang memiliki panjang lebih dari dua meter dan berwarna hijau. Biasanya, oleh petani tebu yang dipersiapkan untuk keperluan sembahyang Cap Go Meh mendapat perawatan khusus dari petani. Semakin panjang tebu, maka akan semakin tinggi nilai ekonomisnya.

Biasanya, dalam setiap acara lelang sembahyang Cap Go Meh, tebu bisa laku terjual hingga ratusan bahkan jutaan rupiah. Oleh mereka yang membeli, biasanya tebu di pajang di tempat usaha. Mereka sangat percaya kalau tebu yang di beli dari acara lelang sembahyang akan membawa hoki tersendiri. Selain itu, tebu diyakini mampu mengusir hawa jahat.


Menurut kepercayaan, tebu merupakan tanaman yang melambangkan umur panjang. Semakin panjang dan banyak ruas yang ada pada tebu, maka semakin banyak hoki yang di bawanya. Dalam bahasa Mandarin, filosofi tersebut di kenal dengan sebutan ciek-ciek shiang-shiang. Artinya, setiap ruas yang ada pada tebu melambangkan tahapan hidup manusia.

Coba lihat dan perhatikan proses tumbuhnya tebu. Ketika ditanam, mata tunas yang menempel pada ruas tebu secara perlahan namun pasti menjelma sebagai tanaman tebu baru. Tebu muda ini terus tumbuh menjulang tinggi ke angkasa. Pada waktunya, tebu akan merunduk ke bumi.

Proses tumbuhnya tebu baru ini sama persis dengan alur kehidupan manusia. Di saat masih muda belia, manusia akan berlomba-lomba menggapai cita-citanya. Seiring dengan bertambahnya usia, manusia akan mengalami masa kematangan emosional. “Sebagai mahluk yang sempurna, manusia sebaiknya harus bisa mawas diri. Melihat ke bawah jauh lebih bijaksana dalam menjalani hidup dan kehidupan. Itulah makna yang tersimpan dalam tebu”.
Di lihat dari segi rasanya, tebu adalah salah satu tanaman yang banyak disukai mahluk hidup karena rasanya yang manis. Dari rasa tebu yang manis ini, keberadaan manusia di muka bumi ini hendaknya bisa mendatangkan manfaat bagi sesama mahluk hidup. Makna hidup yang terkandung dalam tebu ini sama persis dengan bambu. Bentuknya yang beruas-ruas serta panjang melambangkan panjang umur. Sementara warnanya yang hijau bermakna kemurahan rejeki.

Dalam sejarahnya, tebu merupakan simbol bebasnya perkampungan suku Hokkian. Karena pada saat melaksanakan Imlek didatangi pasukan Raja Hambute yang dikenal kejam waktu dinasti Han. Tapi akhirnya mereka selamat karena berlindung di balik Tebu.


Sumber: dari berbagai sumber.



Powered by cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Warna-Warni Imlek: Makna Tebu
Warna-Warni Imlek: Makna Tebu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOrps58IYknkT8mHn1E8xmnoxDGsif1NVCH82qxD3gVcDdyGkBsCxBWG8lXxoitRku7NaDlERiY5Zgu14FfYBXbuvurzduwfFQUUrpylzhq0z9icOVN82r5Id-WglcbHM7ydCRix9cHDw/s320/tebu+imlek.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOrps58IYknkT8mHn1E8xmnoxDGsif1NVCH82qxD3gVcDdyGkBsCxBWG8lXxoitRku7NaDlERiY5Zgu14FfYBXbuvurzduwfFQUUrpylzhq0z9icOVN82r5Id-WglcbHM7ydCRix9cHDw/s72-c/tebu+imlek.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/02/warna-warni-imlek-makna-tebu.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/02/warna-warni-imlek-makna-tebu.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy