Ketupat Lebaran! Bikin Yuk ...!!!



























Pengen makan ketupat di hari raya lebaran?... Bikin yuk!!
Wah susah gak yach bikinnya... bagi yang belum tau caranya, kurang lebih begini nih cara bikin kulit ketupatnya:

Gimana bisa bikinnya??... kalo masih bingung mendingan beli aja ketukang jualan kulit ketupat lebaran:



Nah kalo dah siap kulit ketupatnya baru kamu siapin bahan-bahan lainnya untuk membuat isi ketupat. Nih ini cara bikin isi ketupatnya:

BAHAN:
  • 500 gr beras pulen
  • 1/2 sdt air kapur sirih
  • 2 sdm garam
  • 7-8 kulit ketupat (ukuran sedang)
  • Air utk merebus

 CARA BIKIN:
  1. Cuci bersih beras, tiriskan sampai tidak ada airnya.
  2. Siapkan kurang lebih 7 hingga 8 buah kulit ketupat ukuran sedang.
  3. Campur beras dengan kapur sirih dan garam, ratakan. Isi kulit ketupat dengan beras   sampai 3/4 penuh.
  4. Panaskan air hingga suam kuku, masukkan ketupat. Masak ketupat hingga matang, kurang lebih selama 2-3 jam.
  5. Begitu diangkat dari rebusan, segera siram ketupat dengan air bersih yang dingin (air matang) untuk menghilangkan sisa air rebusan, lalu gantung dibiarkan sampai dingin. Sisa air rebusan tersebut dapat menyebabkan ketupat cepat basi.



TIPS:
  • Kapur sirih akan membuat ketupat legit/kenyal.
  • Saat memasak ketupat harus selalu terendam air. Jika air rebusan berkurang, tambahkan dengan air yg panas.
  • Setelah ketupat matang, masukkan ketupat ke dalam air dingin masak, supaya ketupat bersih dan tidak cepat basi.

Nah begini nih kalo ketupatnya dah jadi dan siap untuk dihidangkan:




Wow enak banget makan ketupat lebaran seperti ini nih...





Selamat mencoba!... Dan tak lupa kami mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H...Mohon Maaf Lahir dan Bathin".



Source: berbagai sumber

Rubrik ini didukung penuh oleh cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.

Baca juga:
"Kuliner Walls Yuk...!!" disini!.
"Kuliner Warna Yuk...!!" disini!.
"Info Mudik Lebaran 2012" disini!.
"Mudik: Serba-Serbi in Humoria (Enjoy Azza Bro!)" disini!. 
"Mudik: Penting Banget Buat yang Mo Mudik" disini!.   
"Trend Warna Indonesia 2013: Pelangi Nusantara" disini!
"Spectrum Color Expressions 2013" disini!
"2013 Color Forecast" disini!
"About Tinting: Cat Tembok Spectrum" disini!.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Ketupat Lebaran! Bikin Yuk ...!!!
Ketupat Lebaran! Bikin Yuk ...!!!
http://4.bp.blogspot.com/-cEYZJjH-EtI/UC8RRJXrBMI/AAAAAAAADNQ/cUo-Nm268Ik/s1600/OriginalIndonesianFood.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-cEYZJjH-EtI/UC8RRJXrBMI/AAAAAAAADNQ/cUo-Nm268Ik/s72-c/OriginalIndonesianFood.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/ketupat-lebaran-bikin-yuk.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/ketupat-lebaran-bikin-yuk.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy