Antisipasi Saat Musim Hujan Datang


Perubahan cuaca yang cepat berubah, seperti saat siang bisa saja matahari bersinar sangat terik, namun tak lama kemudian langit sudah berselimut mendung gelap lalu turun hujan. Pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan. Memasuki musim hujan ada beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan. Bukan hanya fisik tapi juga kondisi rumah hingga kendaraan. Hal-hal yang sering terjadi selama musim hujan sebenarnya bisa diantisipasi.

Berikut lima langkah persiapan yang dapat dilakukan saat musim hujan mulai datang :

1. Menjaga kondisi tubuh

Perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan membuat tubuh perlu melakukan adaptasi dengan cuaca yang baru. Pada musim hujan penyakit seperti flu, demam, diare, dan berbagai penyakit kulit berdatangan. Menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit-penyakit diatas menjadi hal yang mutlak dilakukan. Menjaga pola makan bisa menjadi langkah antisipasi. Hal ini dilakukan supaya aktifitas sehari-hari menjadi tidak terganggu.


2. Lakukan pengecekan terhadap kondisi rumah

Biasanya hujan turun deras disertai angin kencang. Bila tidak diantisipasi, rumah sebagai tempat berteduh dapat tergenang akibat curahan air hujan yang masuk ke dalam rumah lewat cela atap yang bocor. Ganti genteng yang bocor bila terlihat ada lubang atau jika rumah menggunakan asbes pastikan tidak ada yang retak. Selain itu Anda bisa menambal lubang yang ada pada atap dengan cat pelapis hujan (waterproof) yang bisa didapat di pasaran. Tutup/tambal retakan, baik pada dinding luar maupun atap dak beton rumah dengan cat pelapis anti bocor.


3. Coba pastikan selalu untuk mengecek kondisi kendaraan

Pastikan payung dan jas hujan sudah tersedia di dalam kendaraan. Bukan itu saja, saat musim hujan potensi mesin kendaraan terkena guyuran hujan juga besar. Pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan agar tidak mogok sewaktu-waktu saat sedang bepergian.


4. Periksa kondisi saluran air di sekitar rumah

Curah hujan yang tinggi menyebabkan semakin meningginya debit air yang ada di got atau selokan di depan rumah. Banyak sampah rumah tangga maupun non rumah tangga yang biasanya menyangkut di dalam saluran air. Penumpukan sampah-sampah ini dapat menyumbat jalannya air hujan yang jatuh ke selokan. Agendakan untuk membersihkan saluran air secara rutin agar tidak tersumbat. Anda juga bisa mengagendakan pembersihan saluran air bersama para tetangga agar lingkungan yang Anda tempati tidak ikut tergenang.


5. Siapkan penerangan alternatif untuk cadangan

Siapkan alat penerangan alternatif seperti senter dan lilin karena di musim hujan ada potensi pemadaman listrik. Entah karena ada pohon tumbang yang menimpa kabel listrik, tersambar petir maupun maintenance. Pemadaman ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Pastikan untuk menyediakan alat penerangan dalam jumlah yang cukup.



Sumber: keluarga kokoh.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,175,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,173,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,2,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,15,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,97,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,23,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,69,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Antisipasi Saat Musim Hujan Datang
Antisipasi Saat Musim Hujan Datang
Persiapan, Antisipasi, cegah, pencegahan, bersiap, payung, umbrela, rain, hujan, banjir, bocor, anti bocor, cat anti bocor, tamitex pro, waterproofing, waterproof, sehat, stamina, aman, nyaman
https://1.bp.blogspot.com/-IB2cbn6UFHE/WdRGM46XVgI/AAAAAAAAMWU/lZkdfot31PwYv3TXO57JnS44lD7JilI6ACLcBGAs/s640/Hujan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IB2cbn6UFHE/WdRGM46XVgI/AAAAAAAAMWU/lZkdfot31PwYv3TXO57JnS44lD7JilI6ACLcBGAs/s72-c/Hujan.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2017/10/antisipasi-saat-musim-hujan-datang.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2017/10/antisipasi-saat-musim-hujan-datang.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy