Tips agar si kecil mau merapihkan mainannya sendiri



Apakah Anda sering frustasi ketika melihat kekacauan yang dilakukan si kecil dengan mainannya? Sudah saatnya Anda berhenti beres-beres dan ajak si kecil untuk mulai belajar merapikannya sendiri. 

Cobalah mengategorikannya berdasarkan jenis mainannya atau warnanya dengan menggunakan label tertulis atau berupa gambar.

Kuncinya adalah, jadikan kegiatan merapikan mainan sebagai rutinitas sehari-hari namun dengan cara yang menyenangkan serta konsisten. Dan aturan terpenting, semua mainan wajib dibersihkan sebulan sekali.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda dan si kecil untuk merapikan mainan dengan mudah:
  • Cobalah untuk melihat sesuatu dari perspektif anak-anak Anda. Karena jangkauan anak-anak cukup terbatas, jadi atur mainan yang paling mereka sukai di bagian yang paling mudah dijangkau, sedang yang jarang dimainkan diletakkan di tempat yang lebih tinggi.
  • Gunakan juga tempat penyimpanan yang tertutup seperti boks untuk menyembunyikan beberapa mainan dari pandangan mereka. Langkah ini memang membatasi pilihan mereka, tapi setidaknya akan meminimalkan potensi mainan yang berantakan atau pun berceceran.
  • Membuat ruang bermain khusus sangat penting agar rumah tidak berantakan. Jika Anda tidak bisa menyisakan ruangan untuk mereka bermain, setidaknya berikan 1 ruangan, misal ruang tamu Anda, dan batasi dengan rak buku dan karpet.
  • Kumpulkan semua mainan di satu tempat. Kelompokkan setiap jenis mainan dan masukkan ke dalam tempat yang tepat.
  • Tentukan berapa banyak mainan dari setiap jenisnya yang bisa disimpan. Balita bisa kebingungan jika mainannya terlalu banyak.
  • Ajak anak memilih mainan yang paling disukai dari yang ingin Anda batasi jumlahnya. Sisanya bisa disumbangkan pada anak lain yang tidak punya mainan.
  • Siapkan kontainer yang diberi gambar mainan. Ajak balita ke toko untuk memilih stiker gambar yang akan ditempel di kontainer. Karena balita belum bisa membaca, gambar dapat menolongnya mengetahui kontainer mana untuk menyimpan jenis mainan tertentu.
  • Pastikan lemari penyimpanan tidak berbahaya jika dipanjat oleh balita. Rak untuk meletakkan kontainer sebaiknya horizontal, agar balita tidak perlu memanjat. Mainan-mainan yang berat diletakkan di rak paling bawah.
  • Jelaskan pada balita bahwa mengatur mainan mempermudah ia mengambil mainannya dan agar mainnya tidak hilang. Luangkan waktu untuk melatih balita menata mainannya.
  • Pastikan mainan di dalam kontainer tetap jumlahnya. Bila ingin mengganti, keluarkan yang lama, ganti dengan mainan baru. Jangan langsung membuka dan menggunakan kado berupa mainan. 
  • Jangan lupa untuk memeriksa ruang bermain anak. Buang mainan yang rusak dan sumbangkan mainan yang masih bagus jika anak Anda sudah besar.





Sumber: dari berbagai sumber.

COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,175,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,173,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,2,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,15,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,97,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,23,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,69,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tips agar si kecil mau merapihkan mainannya sendiri
Tips agar si kecil mau merapihkan mainannya sendiri
Mainan, Mandiri, Anak, Kecil, Besar, Toys, bermain, arena bermain, kamar bermain, permainan, rapih, kerapihan, merapihkan, bunda, ananda
https://3.bp.blogspot.com/-n83zfhFLRUQ/WcCOpl2zHpI/AAAAAAAAMVY/FzW-LDXT-PMe_OH9WLBz7l16ar7ZSjJqwCLcBGAs/s640/Mainan.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-n83zfhFLRUQ/WcCOpl2zHpI/AAAAAAAAMVY/FzW-LDXT-PMe_OH9WLBz7l16ar7ZSjJqwCLcBGAs/s72-c/Mainan.jpeg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2017/09/tips-agar-si-kecil-mau-merapihkan.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2017/09/tips-agar-si-kecil-mau-merapihkan.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy