Bagaimana perilaku hijau di rumah Anda?



Semua orang mengidamkan hunian ideal yang nyaman dan mampu meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang ramah dapat Anda mulai dari lingkungan terdekat, rumah. Lebih dari delapan puluh persen aktivitas yang dilakukan manusia merupakan indoor activity. Maka dibutuhkan kesadaran menyeluruh tentang kesehatan dan ke-hijau-an bangunan. Kalau bukan kita yang mulai menghijaukan rumah sendiri, siapa lagi?

Green itu bukan langgam arsitektur, melainkan arsitektur itu sendiri, ucap Naning SA Adiwoso, Chairperson Green Building Council Indonesia (GBCI). Memulai kehidupan yang sehat bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah keharusan. Istilah green sudah awam digunakan sekarang ini, bukan cuma bermakna hijau atau menanam pohon, green dalam representasi lebih mendalam terdiri dari dua komponen utama, bersih dan sehat.

Melestarikan bumi tak melulu hanya melalui penanaman pohon semata, tetapi lebih kepada penerapan perilaku hijau. Yaitu perilaku yang menunjukkan bagaimana memanfaatkan sumber daya secara hemat. Baik untuk bahan bangunan, air dan energi serta bagaimana mengelola sampah yang dihasilkan, jelas Naning. Dengan menerapkan kehidupan yang bersih dan sehat, kualitas kehidupan dan pelestarian lingkungan akan dapat tercipta dengan konsisten.

Dibutuhkan kesaadaran semua pihak untuk turut menggalakkan lingkungan hijau yang menyehatkan. Mulai dari produsen yang mengambil, mengolah dan menyalurkan produk dengan asas zero round off. Penjual yang memahami pentingnya menjual produk berkualitas yang aman untuk semua dan konsumen yang berani mengambil langkah besar dalam melestarikan lingkungan dengan menggunakan produk yang recycled, hemat dan aman.

Menjadi salah satu dari penyumbang karbon terbesar, bangunan (building) belum menjadi prioritas dalam penciptaan lingkungan yang hijau. MicroClimate merupakan penciptaan cuaca lingkungan dalam skala kecil yang mencakup bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Menggunakan produk yang diproduksi di dalam kota, menggunakan semen istan yang lebih bersih dan hemat buangan. Keramik dengan teknologi nano finished yang empat kali lebih hemat air daripada keramik biasa. Menggunakan cat yang terbuat dari air (water based) dan penerapan passive solar design adalah beberapa hal yang dapat dilakukan. Penciptaan microclimate sejak proses konstruksi akan melahirkan lingkungan yang lebih hijau.

Konsepsi microclimate dalam sebuah bangunan dapat diterjemahkan dengan less space, less waste dan non-toxic. Mencipatakan ecological balance bukan hanya dapat dimulai dengan penerapan reuse, recycle dan reduce. GBCI sebagai sebuah lembaga nirlaba yang sangat concern terhadap pengaplikasian banguan hijau di Indonesia telah memiliki rating tools untuk tiga tipe bangunan. Existed building, New Building dan Interior Space. Terdapat enam kategori menuju bangunan hijau, penataan dan penggunaan bahan yang berkelanjutan, penghematan dan diversifikasi sumber daya energi, konservasi sumber daya air, pemilihan material, peningkatan kesehatan dan kenyamanan serta pengelolaan sistem bangunan yang berkelanjutan.

Untuk menciptakan ini semua, terdapat lifecycle yang dimulai dari green architect, green contractor, green community green building sampai pada green planet. 



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,175,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,173,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,2,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,15,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,97,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,23,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,69,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Bagaimana perilaku hijau di rumah Anda?
Bagaimana perilaku hijau di rumah Anda?
http://2.bp.blogspot.com/-FxYUPeJ1mZQ/UrP_0b90rzI/AAAAAAAAEII/V8s_BF-wgJk/s320/blog39.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-FxYUPeJ1mZQ/UrP_0b90rzI/AAAAAAAAEII/V8s_BF-wgJk/s72-c/blog39.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/12/bagaimana-perilaku-hijau-di-rumah-anda.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/12/bagaimana-perilaku-hijau-di-rumah-anda.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy