Inilah Tips Persiapan Sebelum Lebaran Tiba



Lebaran berarti suasana baru. Nah, persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk menyambut lebaran? 
  • Cat ulang dinding rumah dengan warna baru atau warna lama. Serahkan urusan pengecatan pada orang yang berpengalaman, kerena sapuan cat yang rapi dan rata akan memberi nilai tambah pada ruangan. Lakukan pengecatan paling lambat 3 minggu sebelum lebaran, karena cat butuh waktu pengeringan cukup lama. Perhitungkan juga persiapan sebelum dan sesudah pengecatan, seperti menggeser perabot, dan sebagainya. 
  • Agar suasana ruangan berubah, ganti hiasan dinding atau posisi hiasan tersebut. Misalnya, lukisan bunga yang biasanya di ruang tamu dipindah ke ruang keluarga. Perubahan akan memberikan suasana berbeda. 
  • Singkirkan untuk sementara asesoris interior yang mudah pecah atau pernak-pernik lain yang mungkin mengganggu kenyamanan tamu. Tentu, anda tidak ingin barang berharga tersebut pecah atau rusak saat banyak tamu, kan? Ganti asesoris interior tersebut dengan tanaman dalam ruangan, misalnya. Letakkan di atas meja atau di sudut ruangan. 
  • Bersihkan karpet dari debu atau noda yang menempel, atau ganti dengan karpet baru. Pilih corak berwarna cerah dengan motif beragam, lalu letakkan di bawah meja. Sesuaikan karpet dengan luas meja, jangan terlalu besar (melebihi luas meja yang ada di atasnya) karena dapat menyebabkan orang yang melewati meja tersandung karena perbedaan tinggi antara lantai dan karpet. Sebaiknya pasang karpet 3 hari sebelum lebaran agar tidak kotor atau berdebu. 
  • Tata meja dan kursi diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pergerakan tamu. Pindahkan sebagian kursi di bagian tengah ke pinggir ruangan agar ruangan menjadi lebih luas. Siapkan kursi tambahan bila sewaktu-waktu diperlukan. Letakkan meja untuk tempat makanan sedekat mungkin dengan jangkauan tamu atau dekat kursi, sehingga memudahkan tamu mengambilnya. 
  • Bunga potong merupakan dekorasi yang tidak pernah tertinggal untuk menyambut hari besar, karena bisa menyegarkan ruangan. 
  • Masukkan kue kering yang sudah dibeli/dibuat sendiri ke dalam toples dua hari sebelum lebaran. Tak perlu semua kue kering anda suguhkan, cukup 3-4 macam saja.
  • Budaya mudik memiliki konsekuensi dari segi finansial. Selain biaya transportasi, sebagai orang Timur kita terbiasa membawa oleh-oleh dan berbagai macam hadiah bagi keluarga di kampung halaman. Persiapkan sejak sekarang budget mudik Anda, misalkan dari 80% jumlah THR yang dialokasikan untuk keperluan lebaran tahun ini, sebaiknya hanya gunakan sekitar 30%-50% untuk keperluan mudik.
  • Atur belanja Lebaran Anda dengan baik. Prioritas pertama adalah kebutuhan terdekat, seperti memberikan THR kepada pegawai atau pembantu rumah tangga. Prioritas kedua tentu saja menyiapkan makanan dan pakaian untuk Lebaran.
  • Buatlah daftar barang-barang yang memang ingin Anda beli dan memang Anda butuhkan, beserta perkiraan harganya. Perkiraan harga bisa membantu Anda menentukan berapa budget/anggaran yang harus Anda persiapkan.
  • Untuk acara makan bersama setelah sholat Id, siapkan peralatan makan yang diperlukan. Cuci bersih sehari sebelum lebaran. Hitung berapa banyak peralatan yang dibutuhkan, dengan memperkirakan jumlah tamu yang akan datang, lalu simpan di lemari yang mudah dijangkau. Nah, pagi hari sebelum sholat Id, anda tinggal menyusun sesuai kebutuhan. 

Demikian tips bijak dan nasehat yang perlu Anda ingat dalam mempersiapkan kebutuhan untuk berlebaran. Semoga bermanfaat.



Sumber: dari berbagai sumber.



Powered by cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum & ColorTone.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Inilah Tips Persiapan Sebelum Lebaran Tiba
Inilah Tips Persiapan Sebelum Lebaran Tiba
Lebaran, mudik, mudik lebaran 2014, jelang lebaran 2014, idul fitri 2014, ramadhan 2014, persiapan jelang lebaran, merayakan hari raya idul fitri 2014
http://2.bp.blogspot.com/-MzgROWihyek/U70VaooYX9I/AAAAAAAAKGE/Ecfghw5jNrM/s1600/lebaran.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-MzgROWihyek/U70VaooYX9I/AAAAAAAAKGE/Ecfghw5jNrM/s72-c/lebaran.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/07/inilah-tips-persiapan-sebelum-lebaran.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/07/inilah-tips-persiapan-sebelum-lebaran.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy