Tips Jitu Meeting Dengan Klien



Meeting dengan klien merupakan kunci suksesnya sebuah bisnis. Dari situlah kita bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar atau pun bisa kehilangan proyek yang nilainya miliaran rupiah. Untuk itu, tatakrama dalam bertemu dengan klien sangatlah penting. Seringkali kita tampil kaku sehingga terlihat seperti orang bingung atau pun tidak professional. 

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika bertemu klien:

Bersikap Profesional

Berpakaianlah yang rapi, selalu ramah dan tersenyum, sopan dan percaya diri. Itulah kunci dari bertemu klien. Jika Anda bersikap profesional, maka klien pun akan menghargai dan senang dengan Anda secara personal.

Harus Lebih Kreatif! 

Cari tahu terlebih dahulu tentang klien yang akan Anda temui; dari mana perusahaannya, seperti apa karakternya, juga apa yang bisa Anda gali dari pertemuan tersebut. Dengan memberikan ide-ide segar, klien akan merasa Anda dan perusahaan Anda dapat menyelesaikan apa yang selama ini menjadi masalahnya.

Ceritakan Kesuksesan Anda

Ingatlah apa yang sudah pernah Anda lakukan dan berbuah kesuksesan, lalu ceritakan pada klien Anda. Bukan bermaksud sombong, tapi dia juga perlu tahu apa yang sudah pernah Anda dan perusahaan Anda lakukan dan menuai kesuksesan. Hal ini akan menuai kepercayaan dan reputasi, baik untuk Anda maupun perusahaan Anda.

Mintalah Pendapat Dari Klien

Meminta pendapat dari klien Anda, mengapa tidak? Tanyalah pendapat tentang kepuasannya terhadap project yang sedang dikerjakan. Siapa tahu pendapatnya dapat memberikan Anda ide untuk mengembangkan proyek tersebut ke tingkat yang lebih advance.

Terima Kritik Dari Klien

Kritik dari klien mungkin bisa terjadi karena Anda melakukan kesalahan atau ia tidak puas dengan hasil kerja perusahaan Anda. Walau Anda merasa kritik itu bukan ditujukan pada Anda, namun Anda harus menerimanya dengan lapang dan menyampaikan pada pihak terkait. Jangan sampai kritik tersebut merusak hubungan baik Anda dengan klien.

Jangan Datang Terlambat

Sebenarnya hal ini tak perlu diingatkan kembali, karena menunggu adalah hal yang menyebalkan. Namun, seringkali banyak yang menyepelekan “terlambat lima menit ya!” atau “terlambat sedikit nih lagi macet”. Walaupun terkesan sepele, tapi itu akan menciptakan kesan tidak profesional dan menyebalkan.

Jangan Sampai Tidak Mencatat Hasil Kesepakatan

Setelah berbincang panjang lebar dan mencapai kesepakatan, Anda kembali ke kantor dan mencoba mengingat-ingat hasil perbincangan tadi. Namun, ada beberapa hal yang Anda lupa tentang kesepakatan dengan klien Anda. Tidak mengenakkan, bukan? Itu dapat menimbulkan kesan Anda tidak teliti dalam bekerja. Catatlah setiap hasil perbincangan dan kesepakatan Anda.

Jangan Menjadi Tidak Fokus

Mungkin sehari sebelumnya Anda sedang lembur bekerja dan keesokan harinya Anda harus meeting dengan klien di pagi hari. Tapi, klien Anda tidak mau mengetahui hal tersebut dan menginginkan sebuah meeting yang menghasilkan sesuatu. Mengantuk saat meeting, bengong dan tidak fokus dapat membuyarkan sebuah kontrak yang seharusnya sangat bernilai bagi perusahaan Anda. Bersikaplah profesional.

Jangan Mendominasi Pembicaraan

Biar bagaimanapun, Anda adalah pihak yang membutuhkan sang klien. Dengan mendominasi pembicaraan, Anda tidak akan mengetahui apa yang klien inginkan. Berkomunikasilah dua arah. Selain itu, membiarkan klien leluasa menceritakan keinginannya akan membuat ia merasa dihargai.

Jangan Sampai Kehilangan Kontak

Hubungan Anda dengan klien janganlah bersifat institusional! Klien Anda adalah aset Anda di kemudian hari. Walaupun telah berpindah kantor, siapa tahu Anda masih membutuhkan orang tersebut. Atau siapa tahu Anda menemukan kecocokan dengannya, Anda dapat berteman juga, bukan?





COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tips Jitu Meeting Dengan Klien
Tips Jitu Meeting Dengan Klien
http://1.bp.blogspot.com/-m0BM4vTYbA8/U0tiKKAekoI/AAAAAAAAJ4I/DTotf40uAno/s1600/meeting+klien.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-m0BM4vTYbA8/U0tiKKAekoI/AAAAAAAAJ4I/DTotf40uAno/s72-c/meeting+klien.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/tips-jitu-meeting-dengan-klien.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/tips-jitu-meeting-dengan-klien.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy