Strategi bernegosiasi yang baik



Strategi bernegosiasi sangatlah penting dalam menentukan hasil keputusan jual-beli. Dimana negosiasi yang baik adalah kedua belah pihak merasa puas atas kesepakatan yang diambil. Kemampuan Anda dalam bernegosiasi dengan baik akan membuat jaringan Anda berkembang, memperkuat hubungan dengan klien dan supplier, dan membuka jalan pada peluang bisnis di masa depan.

Ini adalah 6 tips bagi Anda untuk persiapan negosiasi:

1. Tentukan tujuan tertinggi Anda
Apa tujuan yang ingin Anda raih dalam negosiasi tersebut? Mencari supplier dengan harga termurah? Mendapatkan pelanggan baru? Lihat tujuan jangka pendek dan jangka pandang usaha Anda sebelum memulai negosiasi.

2.Lakukan Riset
Anda perlu melakukan riset untuk mendapatkan data-data yang mendukung penawaran anda. Perhatikan kondisi finansial pihak yang Anda ajak negosiasi, pelajari pasar, dan kuasai materi kesepakatan. Anda akan dapat berargumentasi dengan lebih persuasif dan memiliki posisi lebih kuat jika dapat menunjukkan data statistik yang spesifik. Misalnya, persentase pasar yang Anda kuasai dibanding kompetitor.

3. Tentukan hal-hal yang dapat Anda negosiasikan
Anda tidak selalu mendapatkan semua yang Anda inginkan. Jadi tentukan hal-hal apa saja dimana Anda dapat mengalah. Untuk hal-hal yang tidak terlalu krusial, bersikaplah fleksibel.

4. Siap mundur jika tidak terjadi kesepakatan
Dalam negosiasi, selalu ada kemungkinan jalan buntu dimana kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan. Sebelum negosiasi, tentukan batas-batas mana hal yang dapat Anda kompromikan dan mana yang tidak. Apabila pihak lain tidak dapat memberikan penawaran yang sesuai dengan yang Anda tawarkan, Anda dapat dengan sopan menghentikan diskusi dan mencari pihak lain untuk membuat kesepakatan.

5. Pelajari penawaran dari ‘kompetitor’
‘Kompetitor’ di sini maksudnya adalah pihak lain yang juga bermaksud melakukan negosiasi dengan orang/lembaga yang Anda ajak negosiasi. Dengan mempelajari penawaran mereka, Anda dapat mencoba memberikan penawaran yang lebih baik. Sebagai contoh, bila pesaing Anda sebagai supplier meminta kerjasama ekslusif 10 tahun, Anda dapat menawarkan untuk kerjasama selama 2 tahun terlebih dahulu, yang mana hal ini akan membuat penawaran Anda terlihat lebih menarik dan lebih rendah resikonya di mata distributor, dan lebih besar kemungkinannya untuk closing.

6. Siapkan win-win solution
Negosiasi yang ideal harus membuat kedua belah pihak merasa puas. Tuliskan poin-poin kesepakatan yang menguntungkan dua pihak. Bisa jadi saat negosiasi, akan ada penyesuaian pada poin-poin tersebut. Hal ini tidak masalah selama Anda dapat berkompromi dan tujuan inti Anda tercapai.




sumber: alergimarketing


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Strategi bernegosiasi yang baik
Strategi bernegosiasi yang baik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp3w9uaZEXKz55mNFGjA3qibCpdxrIE_r1ugS93mlQBN2od9Or_AZZ0SNGhZ0VL0UZodqxxzFu8-kVCd2MmSqf70prok4gOtzRuOX6fTSdhr1aN1KzVDCi-boxacvBEut_11iStpE0rHg/s1600/negosiasi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp3w9uaZEXKz55mNFGjA3qibCpdxrIE_r1ugS93mlQBN2od9Or_AZZ0SNGhZ0VL0UZodqxxzFu8-kVCd2MmSqf70prok4gOtzRuOX6fTSdhr1aN1KzVDCi-boxacvBEut_11iStpE0rHg/s72-c/negosiasi.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/strategi-bernegosiasi-yang-baik.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/strategi-bernegosiasi-yang-baik.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy