Apa Perbedaan Pergola dan Kanopi?

Banyak orang yang juga menyebut pergola dengan kanopi. Padahal, pergola berbeda dengan kanopi. Perbedaan pergola dengan kanopi terletak pada ide dasarnya. 

Pergola


Pergola bisa membuat Anda tetap bisa menikmati hijau atau teduhnya tanaman di lahan yang terbatas. Kehadirannya juga akan menciptakan keindahan tersendiri. 

Pergola bisa berada di semua bagian rumah yang berupa taman, baik di depan, di samping, ataupun  di belakang rumah. Pergola juga bisa ditempatkan di lantai atas, misalnya sebagai perpanjangan teras atau balkon atas, sebagai tempat duduk-duduk di dak atas, dan sebagainya. Pergola bisa menjadi area bersantai yang nyaman. 

Fungsi utama pergola adalah memberikan bayangan yang teduh di area rumah atau bangunan. Biasanya digunakan untuk meneduhkan area berjalan atau area duduk outdoor. 

Pergola memberikan kesan alami, karena material yang digunakan biasanya dari kayu, meski material lain juga kerap dipakai. Meskipun dibuat dari bahan metal atau beton, pergola tetap memberikan kesan alami berkat tanaman rambat dan setidaknya kisi-kisi pembayangan yang menahan sinar matahari.

Pergola bisa dibuat dari struktur kayu, logam atau beton. Bila dibuat dari kayu biasanya merupakan pergola model tropis yang terlihat lebih alami daripada dibuat dari logam atau beton. Desain dari material kayu biasanya juga digemari, karena bisa disesuaikan dengan kayu-kayu kusen pintu jendela rumah.


Kanopi


Kanopi merupakan bagian bangunan yang menempel atau berdiri sendiri, biasanya tanpa lantai, dan berfungsi untuk melindungi dari panas dan hujan. Kanopi biasanya menyerupai atap yang berbentuk lengkung atau miring dengan rangka terbuat dari besi, umumnya memiliki bagian penutup dari bahan terpal, kain atau polycarbonate. Bahan lunak tersebut dipakai agar penutup kanopi bisa sesuai mengikuti struktur rangkanya. Dari segi penampilannya, kanopi cenderung tampil "klimis" dan simpel karena tersusun dari bahan buatan pabrik.

Kanopi berfungsi sebagai media penghalang cuaca demi melindungi barang-barang berharga yang berada di luar ruangan atau di halaman rumah anda. Contoh barang-barang berharga yang sangat perlu dijaga dari berbagai terpaan cuaca seperti panas terik matahari ataupun hujan seperti, mobil, motor, cafe kecil, dan  sebagainya. Kanopi juga dapat memberikan nuansa yang teduh dan tidak terasa panas yang juga berimbas pada ruangan lainnya baik didalam rumah, kantor, rumah sakit, cafe dan sebagainya. Kanopi kini juga telah banyak digunakan untuk lahan parkir mobil di pinggir jalan dan juga banyak digunakan pada setiap halte-halte bus.

Panasnya sinar matahari dalam pengaplikasian kanopi tentunya membuat radiasi sinar matahari tidak akan dapat langsung menyentuh barang-barang anda. Seperti halnya pada barang-barang yang dicat, seperti mobil, motor, meja dan kursi cafe, dll. Semua cat akan aman dan tidak akan mudah rusak bila tidak melalui kontak langsung dengan guyuran air hujan ataupun sinar matahari yang akan membuat cat melepuh secara perlahan.

Kanopi berkualitas tentunya sengaja dibuat dengan bahan material yang diperkirakan dapat tahan terhadap berbagai terpaan cuaca yang menyebabkan korosi atau pelapukan kanopi. Maka dari itu penerapan bahan-bahan material stainless steel merupakan material nomor wahid demi menjaga kualitas dan keselamatan pengguna kanopi. Lebih baik dari besi, lebih kokoh, anti korosi dan lebih ringan mungkin lebih membuat kanopi stainless pada saat ini lebih dominan digunakan ketimbang kanopi-kanopi berbahan material besi.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Apa Perbedaan Pergola dan Kanopi?
Apa Perbedaan Pergola dan Kanopi?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTr9NuOkvpsWQ5tEQ4lfDbTU7Y3HRAcPcA6wkNnitO0WpdMaLJNsgo5ZcFDGQS9F0VWK1g3iyhh6m_ruyDys5u7XHSbfrQX6C_c_3LNyKF69RqQZiREpSnKuZEQvXFUZiw48iruGkAZqQ/s1600/pergola.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTr9NuOkvpsWQ5tEQ4lfDbTU7Y3HRAcPcA6wkNnitO0WpdMaLJNsgo5ZcFDGQS9F0VWK1g3iyhh6m_ruyDys5u7XHSbfrQX6C_c_3LNyKF69RqQZiREpSnKuZEQvXFUZiw48iruGkAZqQ/s72-c/pergola.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/apa-perbedaan-pergola-dan-kanopi.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/05/apa-perbedaan-pergola-dan-kanopi.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy