Tipe Salesman Apa Yang Anda Cari?



Sebagai ujung tombak perusahaan yang mampu menghasilkan profit, tentu memilih salesman yang tepat adalah PR bagi seluruh perusahaan. Bahkan, banyak perusahaan yang keliru memilih salesman karena hanya menitikberatkan pada kriteria tertentu, seperti pengalaman bekerja. Padahal, memilih salesman harus di-customize, artinya disesuaikan dengan tujuan dan target dari bisnis perusahaan.

Menarik untuk diketahui bahwa memilih salesman tidak bisa 100% diserahkan kepada divisi Human Resource Development. Pasalnya kriteria HRD untuk salesman sangat normatif. Mungkin mereka yang memiliki sifat sombong sulit dipilih oleh HRD. Padahal, mungkin saja perusahaan Anda memerlukan salesman dengan karakter yang angkuh dan sombong. Itu artinya, memilih profil kandidat seorang salesman adalah tugas HRD bersama divisi terkait.

Sebelum memulai untuk merekrut tenaga salesman baru, setidaknya ada 4 kriteria yang perlu diperhatikan terkait karakteristik personal salesman. Keempat karakter ini lah yang sering ditemui pada tenaga-tenaga penjuala di perusahaan-perusahan. 

1. Tipe Closing
Salesman tipe ini adalah mereka yang selalu mencari klien baru dan ingin deal secepatnya dengan klien. Mereka memiliki work ethic yang tinggi, sehingga mereka selalu pergi ke luar kantor untuk mencari klien. Namun, mereka tidak pandai mengatur uang. Bukan berarti salesman tipe ini buruk, melainkan dengan keborosannya itu, mereka justeru termotivasi untuk kerja lebih banyak.

2. Tipe Consultative
Tipe ini adalah salesman yang sering datang menemui klien lebih dari sekali. Alasannya, mereka sering mendiskusikan produk kepada klien. Biasanya produk yang ditawarkan memiliki varian yang banyak, sehingga salesman diharapkan dapat menjual produk berdasarkan kebutuhan klien.

Secara karakter, mereka sangat carrier oriented yang memiliki visi ke depan. Biasanya mereka lebih akademis, team oriented, tidak impulsif, dan bukan risk-taker.

3. Tipe Relationship
Tipe ini biasanya diisi oleh salesman yang memiliki pribadi menyenangkan, baik, memiliki etika, independent, dan corporative. Terkadang tipe ini berlawanan dengan tipe seorang salesman.

4. Tipe Display
Tipe ini hanya mementingkan tampilan luarnya saja. Artinya, mereka tidak memiliki ambsisi tertentu, tidak memikirkan carrier oriented, dan hanya mau jadi salesman karena alasan kebetulan, coba-coba, tidak ada pilihan, dan sebagainya. Biasanya, tipe jenis ini tidak bertahan lama berada di perusahaan.


Sumber: alergimarketing


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tipe Salesman Apa Yang Anda Cari?
Tipe Salesman Apa Yang Anda Cari?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-9amoSegJiXVbn7rLHF_9BDCNGNhuTHcwuUkumNjU1pwMYgvHbWM1cpraGwjQCXgF_0P7fOnLd4nQktneswE4UZot8R2E4WUheHbMHbctmiORLC7Lf_qbEapIz2llgyw509VCGB7YAPY/s1600/tipe_salesman.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-9amoSegJiXVbn7rLHF_9BDCNGNhuTHcwuUkumNjU1pwMYgvHbWM1cpraGwjQCXgF_0P7fOnLd4nQktneswE4UZot8R2E4WUheHbMHbctmiORLC7Lf_qbEapIz2llgyw509VCGB7YAPY/s72-c/tipe_salesman.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/04/tipe-salesman-apa-yang-anda-cari.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/04/tipe-salesman-apa-yang-anda-cari.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy