Serba-Serbi Warna Ungu



Kelangkaan warna Ungu di alam dan biaya yang tinggi untuk menciptakannya, menjadikan ungu sebagai aura supranatural selama berabad-abad. Ungu memiliki panjang gelombang yang paling kuat di spektrum warna - Ungu memiliki sejarah yang kuat dan telah berkembang dari waktu ke waktu. Asal-usul simbolisme ungu lebih menarik dibandingkan dengan warna lain.



Jika kita kembali ke zaman pra-sejarah, nenek moyang kita mungkin tidak pernah melihat buah ungu, bunga, burung, ikan - atau makhluk hidup - karena ungu adalah sangat langka di alam saat itu. 



Peradaban pun mulai berkembang, begitu pula pakaian dan bahan-bahan pewarna. Pewarna ungu pertamakali dikembangkan sekitar 1900 SM. Butuh beberapa kerang (12.000 pcs) untuk mengekstrak 1,5 gram pewarna murni - terkadang hampir tidak cukup untuk pewarna pakaian ukuran toga Romawi. Tidak heran kemudian, bahwa warna ini digunakan terutama untuk pakaian dari kaisar atau individu yang istimewa.

Selama perjalanan sejarah, pigmen ungu menjadi lebih murah dan lebih kompleks, tapi satu hal tetap sama: ungu melambangkan kebangsawanan dan kemewahan bagi kebanyakan orang di dunia.


Saat ini, ilmu pengetahuan telah mengungkapkan lebih banyak tentang ungu dibandingkan nenek moyang kita, dan menyadari: Ungu adalah panjang gelombang terlihat paling kuat dari energi elektromagnetik. Kemudian muncul sinar X-Ray dan sinar Gamma. Mungkin ini menjelaskan mengapa ungu dikaitkan dengan energi supranatural dan kosmos dibandingkan dengan dunia fisik seperti yang kita kenal.

Mengambil semua aspek dari masa lalu, maka ungu identik dengan hal-hal seperti: sihir, misteri, spiritualitas, kreativitas, martabat, royalti.

Variasi cahaya ungu menyampaikan arti yang berbeda: ringan-hati, bunga dan romantis. Nuansa gelap lebih intelektual dan bermartabat.

Arti negatif ungu adalah: kesombongan, keangkuhan dan ungu juga merupakan warna berkabung.

Salah satu aspek yang paling penting dari simbolisme ungu adalah kesenjangan generasi. Ada perbedaan besar pendapat tentang ungu. Itu semua tergantung pada usia.



Kebanyakan anak muda melihat ungu sebagai warna bahagia. Namu bagi orang dewasa, melihat warna melalui perspektif yang lebih luas. Selanjutnya, ungu mengambil makna baru dalam banyak kebudayaan.


Makna Global Warna Ungu

Kesamaan global warna ungu yang signifikan:
  • Ungu cenderung menjadi warna untuk mencerminkan rasa cinta atau benci.
  • Di antara orang-orang Mediterania, ungu diperuntukkan bagi kaisar dan paus. Orang Jepang dibaptis "Imperial Purple".
  • Ungu adalah warna berkabung atau kematian dalam banyak kebudayaan (Inggris, Italia, Thailand, Brazil).
  • Ungu adalah warna bendera yang tidak umum. Hanya dua bendera mengandung ungu.

Keunikan Makna Warna Ungu di Berbagai Budaya
  • The "Purple Heart" adalah penghargaan Amerika untuk keberaniannya.
  • Ungu adalah warna simbolis bagi komunitas gay dalam budaya Barat. 
  • Ungu adalah warna karakter televisi anak-anak yang populer seperti  "Barney" dan "Tinky Winky" (yang ungu Teletubby dari BBC). 
  • Di Italia, artis tidak akan pergi ke atas panggung jika mereka harus memakai ungu.

Kombinasi Warna Ungu

Warna yang bertentangan dari biru - merah dan panas - dingin, kemudian digabungkan untuk membuat warna ini menarik.



Ada tiga ungu yang berbeda: Merah-Ungu, Ungu, Biru-Ungu. Merah-ungu hangat, biru-ungu yang keren, dan ungu murni adalah netral.


Bagaimana Purple Mempengaruhi Visi

Ungu adalah warna yang paling sulit bagi mata untuk membedakan. 
Memiliki beberapa menyenangkan; Anda tidak akan percaya mata Anda; Menonton Chaser Lilac


Mitos tentang Pengaruh Warna Ungu di Tubuh

  • Ungu telah digunakan dalam perawatan mental gangguan saraf karena mereka telah ditunjukkan untuk membantu menyeimbangkan pikiran dan mengubah obsesi dan ketakutan.
  • Kebanyakan psikolog memandang klaim dengan skeptis. Tidak ada penelitian yang valid telah dilakukan untuk mengkonfirmasi mereka.

Fenomena lain dari Warna Ungu


  • Kaisar Romawi Julius Caesar dan Augustus keduanya menetapkan bahwa hanya Kaisar yang bisa memakai warna ungu. Ketika Nero menjadi Kaisar, yang memakai ungu dan penjualnya dihukum mati!
  • Wagner menghasilkan karya terbesarnya dalam sebuah ruangan dengan tirai ungu.

Special thanks to colormatters.com



Powered by cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Serba-Serbi Warna Ungu
Serba-Serbi Warna Ungu
http://3.bp.blogspot.com/-FOVD6rnl-JU/USxWK6YizcI/AAAAAAAAIeY/NooIoBw_z5E/s1600/Warna-Ungu.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-FOVD6rnl-JU/USxWK6YizcI/AAAAAAAAIeY/NooIoBw_z5E/s72-c/Warna-Ungu.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/03/serba-serbi-warna-ungu.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/03/serba-serbi-warna-ungu.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy