Tips Hemat Biaya Renovasi Rumah






Renovasi rumah biasanya dilakukan apabila kita sudah merasa bosan dan ingin kesegaran atau tampilan baru pada ruang-ruang tertentu. Tidak jarang, renovasi dilakukan saat rumah semakin terlihat kumuh sehingga harus segera dilakukan perbaikan.

Renovasi rumah memang penting, karena faktor keamanan dan kenyamanan para penghuninya tetap menjadi hal utama. Namun, urusan renovasi kerap kali terkendala masalah biaya. Jauh sebelum renovasi dilakukan, yang terbayang adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

"Haruskah seperti itu?"

Jangan khawatir... Agar biaya renovasi tidak terasa "mencekik" leher Anda, berikut tips-tips yang mungkin bisa Anda lakukan:

Konsep

Pertama, tentukan konsep renovasi rumah Anda dengan matang. Apakah Anda akan melakukan perombakan keseluruhan atau hanya pada ruang-ruang tertentu. Bila sudah ditentukan, silakan membuat daftar yang akan direnovasi berdasarkan skala prioritas. Misalnya, atap rumah bocor sebagai prioritas pertama, kemudian plafon bolong sebagai prioritas kedua, dan mengganti cat dinding yang terkelupas karena rembesan air hujan sebagai prioritas ketiga.

Anggaran

Langkah kedua, bila Anda sudah memprioritaskan apa saja yang hendak direnovasi, selanjutnya adalah menentukan anggaran atau biayanya. Biaya tidak akan melambung tinggi bila Anda sejalan dengan konsep renovasi. Biaya menjadi mahal karena terkadang terpikirkan hal-hal lain di luar skala prioritas renovasi.

Untuk menghemat, Anda bisa melakukan survei ke toko-toko bahan bangunan untuk mengecek bahan yang berkualitas, tetapi pas dengan kantong Anda.

Waktu renovasi

Hal lain yang utama dipertimbangkan adalah pilihan waktu renovasi. Pemilihan waktu yang tepat akan mempermudah tenaga pelaksana dalam merenovasi rumah Anda. Misalnya, merenovasi atap pada musim hujan seperti saat ini hanya akan mempersulit proses pembangunan dan menghambat target selesainya renovasi.

Penggantian barang

Keempat, ada baiknya beberapa barang yang masih baik kualitasnya tidak usah buru-buru diganti. Misalnya, rangka atap rumah atau instalasi listrik masih bisa digunakan apabila keadaannya baik dan berfungsi sempurna.

Tenaga ahli

Gunakan tenaga ahli yang benar-benar dapat Anda percaya. Tak salah bila sebelumnya Anda mencari referensi terlebih dulu dari teman atau kerabat dekat. Misalnya, kontraktor dengan rekam jejak yang baik sehingga renovasi selesai tepat waktu.

Diskusikan kebutuhan Anda dengan kontraktor atau tenaga pelaksana agar keinginan dan pekerjaan mereka selaras. Jangan lupa diskusikan cara pembayaran yang tepat, apakah mau sistem borongan atau per hari.

Semoga bermanfaat!


Powered by spectrum-paint.com




COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tips Hemat Biaya Renovasi Rumah
Tips Hemat Biaya Renovasi Rumah
cat tembok, cat tembok tinting
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtaqgtznsrXYaCa6XjH0ob4Y0e0JMRU4opbx-vqeYvBTAV1hSkiZXlilXwf-P_2AquMjG73ujF_3NgAwuTOhVKSUGpJg2Z-LpKN3tvksq8W3TEvc1EYIeJkbJ6Vpd-ceTpEgNpyJMHGfg/s1600/renovasi-hemat-biaya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtaqgtznsrXYaCa6XjH0ob4Y0e0JMRU4opbx-vqeYvBTAV1hSkiZXlilXwf-P_2AquMjG73ujF_3NgAwuTOhVKSUGpJg2Z-LpKN3tvksq8W3TEvc1EYIeJkbJ6Vpd-ceTpEgNpyJMHGfg/s72-c/renovasi-hemat-biaya.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/02/tips-hemat-biaya-renovasi-rumah.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2013/02/tips-hemat-biaya-renovasi-rumah.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy