Penting Banget! Cat tembok sering dibilang jelek mutunya akibat kesalahan ini!



Ada banyak sekali tips-tips pengecatan yang disarankan oleh berbagai pakar/ahli cat, vendor/pabrik cat, maupun toko bangunan dll. tetapi inilah yang penting banget menurut pengalaman kami yang harus diperhatikan agar Anda tidak menyalahkan produk catnya yang jelek, dan agar cat temboknya bisa bertahan lebih lama.

Hindari kesalahan-kesalahan berikut ini, baik sebelum melakukan pengecatan maupun pada saat pengecatan:
  • Berdasarkan pengalaman kami, masih banyak orang yang memilih warna-warna terang seperti merah, kuning, oranye dan hijau kekuningan sebagai alternatif warna cat eksterior (di luar ruangan) rumahnya. Pada kenyataannya walaupun warna-warna tersebut sangat menarik dan indah untuk dilihat, akan tetapi ketahanannya tidaklah sebaik warna-warna lainnya, sehingga warna-warna tersebut cenderung cepat pudar jika diaplikasikan untuk cat eksterior. 
  • Masih banyak orang yang memakai wall filler/dempul/plamur sebagai dasar untuk pengecatan. Khusus untuk produk cat kelas menengah ke atas, pemakaian dempul sebagai cat dasar harus dihindari (baik untuk interior maupun eksterior). Penggunaan dempul sebagai dasar pengecatan akan berdampak pada rusaknya lapisan cat, seperti mengapur atau bahkan jadi mengelupas/rontok. Sebenarnya dempul diciptakan adalah sebagai produk yang berfungsi untuk menutup retakan atau lubang pada dinding/tembok saja dan bukan berfungsi sebagai cat dasar, sedangkan untuk cat dasar sebaiknya menggunakan primer atau sealer. 
  • Masih banyak orang yang berasumsi bahwa jika seluruh permukaan dinding/tembok dilapisi dempul terlebih dahulu maka akan mengirit cat, namun pada kenyataannya pada saat pengaplikasian dengan menggunakan produk cat kelas menengah ke atas akan terjadi sebaliknya, yaitu cat menjadi sangat boros. Hal itu terjadi karena dempul akan mengakibatkan daya tutup menjadi sangat rendah, dan perlu berlapis-lapis cat agar menutup rapih. Masih banyak orang yang tidak mau menggunakan primer/sealer sebagai cat dasar karena aspek biaya yang menjadi mahal karena harus membeli cat dasar dan cat temboknya. Sebenarnya tanpa cat dasar pun sudah bisa diaplikasikan langsung, tetapi hasilnya akan jauh lebih hemat jika menggunakan cat dasar terlebih dahulu. Selain itu cat dasar bisa berfungsi sebagai pelindung dari berbagai penyakit dinding/tembok seperti alkali yang bisa menyebabkan pengapuran.
  • Masih banyak orang yang tidak membaca tata cara penggunaan/aturan pemakaian cat karena menganggap semua jenis produk cat sama perlakuannya. Akibatnya sering banyak terjadi kesalahan teknis dalam pengecatan sehingga hasil akhirnya tampak jelek dan rata-rata menyalahkan produk catnya yang jelek mutunya.
  • Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa jika dinding/tembok dilapisi primer/sealer dengan cukup tebal maka hasil pengecatan akan jauh lebih baik. Kenyataannya semakin tebal lapisan primer/sealer maka akan semakin sulit cat tembok menempel pada permukaan dinding/tembok, dan akibatnya akan timbul retak rambut pada sekitar permukaan cat yang sudah kering.
  • Masih banyak orang yang terbiasa mengencerkan cat dengan air terlebih dahulu agar lebih irit dan terasa lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Kenyataannya ada beberapa produk cat yang tidak perlu diencerkan dan jika diencerkan akan menyebabkan daya tutup cat jadi jelek (berbelang) serta menjadi boros.
  • Masih banyak orang yang beranggapan cat tembok yang kental kualitasnya jauh lebih baik ketimbang yang agak encer. Kenyataannya beberapa produk cat tembok kelas menengah atas memang sengaja dibuat agak encer agar tidak perlu diencerkan lagi. Dan kekentalan bukanlah tolak ukur kualitas cat, kualitas cat bagus hanya bisa dilihat dari segi harga yang lebih tinggi dari produk cat lainnya, serta aturan pemakaiannya yang sangat ketat seperti mewajibkan penggunaan primer/sealer sebagai cat dasar. Dan sangat jelas sekali semakin mahal harganya maka semakin bagus pula mutunya.
  • Masih banyak kualitas acian dinding/tembok yang tidak baik sehingga permukaan lapisan cat jadi tampak kusam sebagian (khususnya untuk produk cat yang kilap maupun semi kilap). Itu terjadi karena permukaan dinding/tembok yang bergelombang/tidak rata aciannya dan pori-porinya masih terbuka lebar.
  • Masih ada orang yang masih mengecat tembok eksterior (misal: pagar) di saat matahari berada di atas kepala (jam 12 siang) pada saat suhu panas matahari sedang tinggi-tingginya sehingga hasil akhirnya permukaan cat menjadi retak (retak rambut).
  • Masih banyak orang yang menggunakan roll/kuas cat yang harganya murah sehingga hasil pengecatan menjadi tidak sempurna karena adanya jejak roll/kuas yang tertinggal pada saat permukaan cat mengering.
  • Masih ada orang yang mengecat pada saat turun hujan sehingga lapisan cat akan menjadi luntur dan berbelang.
  • Masih saja ada orang yang mengecat tembok walaupun kondisi temboknya belum kering. Ini biasa terjadi karena yang punya rumah ingin rumahnya cepat selesai dicat, dan akibatnya dalam kurun waktu yang tidak lama maka lapisan cat akan tampak lembab dan akhirnya mengelupas.
  • Masih banyak orang yang mengecat pada dinding/tembok yang kotor/berdebu dan tidak dibersihkan terlebih dahulu sehingga lambat laun permukaan cat akan rusak dan mudah terkelupas.
  • Masih banyak orang yang mengecat pada dinding/tembok lama tanpa memperhatikan kondisi cat lama masih layak dicat atau tidak. Kenyataannya lapisan cat baru mudah terkelupas akibat lepasnya lapisan cat lama dari permukaan dinding/tembok. Jadi yang jelek bukanlah cat yang baru melainkan karena kondisi cat yang lama yang sudah jelek.
  • Masih banyak orang yang belum mengerti bahwa lapisan cat lembab/basah adalah diakibatkan oleh rembesan air yang keluar dari dalam tembok dan bukan karena produk catnya yang jelek.
Semoga uraian di atas dapat membuka pikiran/wawasan Anda tentang kualitas cat tembok beserta permasalahannya, sehingga pada saat menemukan masalah, tidak akan langsung berasumsi bahwa cat tembok tersebut berkualitas jelek.




Jika masih bingung atau memerlukan penjelasan lebih lengkap silahkan hubungi kami:







Jangan lupa follow us on twitter:






Rubrik ini didukung oleh Cat Tembok Tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.












Baca juga:
Cat tembok eksterior SpectrumUltraShield
"Kuliner Walls Yuk...!!" disini!. 
"Kuliner Warna Yuk...!!" disini!. 
"Trend Warna Indonesia 2013: Pelangi Nusantara" disini! 
"Spectrum Color Expressions 2013" disini! 
"2013 Color Forecast" disini! 
"About Tinting: Cat Tembok Spectrum" disini!.



Tags: cat rumah minimalis, cat rumah, cat tembok, warna cat tembok, harga cat tembok, warna cat rumah, warna rumah, cat tembok terbaik.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,175,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,173,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,15,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,97,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,23,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,69,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Penting Banget! Cat tembok sering dibilang jelek mutunya akibat kesalahan ini!
Penting Banget! Cat tembok sering dibilang jelek mutunya akibat kesalahan ini!
Cat rumah minimalis, cat rumah, cat tembok, warna cat tembok, harga cat tembok, warna cat rumah, warna rumah, cat tembok terbaik.
https://1.bp.blogspot.com/-ckCXxr6-GD0/WNDr9HKqBeI/AAAAAAAAMIM/d837ImDXNikMjlRDGjbdUGymPH2y7ejGgCLcB/s640/Cat%2BTembok.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ckCXxr6-GD0/WNDr9HKqBeI/AAAAAAAAMIM/d837ImDXNikMjlRDGjbdUGymPH2y7ejGgCLcB/s72-c/Cat%2BTembok.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/penting-banget-cat-tembok-sering.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/08/penting-banget-cat-tembok-sering.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy