Warna Mata/Spektrum Warna Mata, Apa dan Bagaimana?


Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual. 

Bagian-bagian pada organ mata bekerjasama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf manusia. Bagian-bagian tersebut adalah:

Kornea 
Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya.

Sklera
Merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya rata- rata 1 milimeter tetapi pada irensi otot, menebal menjadi 3 milimeter.

Pupil dan iris
Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.

Lensa mata 
lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal. 

Retina atau Selaput Jala 
Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.

Saraf optik
Saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak. 


Warna pada mata kita adalah berasal dari iris, yang mengontrol tingkat cahaya yang masuk ke dalam mata. Hal ini seperti aperture pada sebuah kamera. Dalam wilayah geografis di mana sinar matahari lebih banyak, warna iris akan berwarna coklat atau hitam untuk memblokir lebih banyak sinar matahari tersebut. Di daerah di mana sinar matahari adalah langka/jarang, warna iris akan berwarna kuning terang, hijau muda atau biru muda ... hal ini berevolusi secara genetik.




Amber Eyes

Mata kuning adalah warna solid yang didefinisikan sebagai warna kuning keemasan yang kuat dan warna coklat muda/warna tembaga. Warna ini disebabkan oleh pengendapan 'lipochrome', pigmen kuning, di iris. Ini adalah warna mata yang sangat langka dan juga dikenal sebagai 'mata serigala', karena warna mata kuning sangat umum di serigala.

Blue Eyes

Mata Biru adalah disebabkan oleh rendahnya jumlah melanin dalam iris stroma. Mata biru umumnya ditemukan di Eropa, terutama mereka yang lahir di Jerman, Belanda, Islandia, Austria, Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Estonia. Sedangkan di Asia Tengah dan Timur Tengah, mata biru sangat jarang ditemukan.


Brown Eyes





Mata cokelat gelap adalah sangat dominan pada manusia dan banyak ditemukan hampir di seluruh bagian dunia. Ini dikarenakan hadirnya melanin (eumelanin) dalam jumlah besar pada stroma iris.

Grey Eyes






Mata abu-abu dapat dianggap warna biru gelap (seperti biru-hijau). warna mata ini berhubungan dengan melanin rendah di iris dan berhubungan dengan pigmentasi yang sedikit di seluruh tubuh (seperti warna kulit yang pucat, warna rambut yang cerah, dll).

Green Eyes






Mata hijau adalah warna yang paling langka, hanya 1-2% dari populasi dunia lahir dengan mata hijau. Warna mata hijau disebabkan oleh kombinasi dari kuning atau pigmentasi coklat muda dari stroma, yang diberikan oleh konsentrasi melanin rendah/sedang, dengan warna biru yang disampaikan oleh hamburan Rayleigh dari cahaya yang dipantulkan. Mereka adalah orang-orang yang lahir di Eropa Utara dan negara-negara Nordic (seperti Islandia, Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia, Jerman, dan Belanda) biasanya memiliki mata hijau.

Sumber: wikipedia


Rubrik ini didukung penuh oleh cat tembok tinting: Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Warna Mata/Spektrum Warna Mata, Apa dan Bagaimana?
Warna Mata/Spektrum Warna Mata, Apa dan Bagaimana?
http://3.bp.blogspot.com/-AAXz5nGFXWc/UAzDKWWKxBI/AAAAAAAACSc/SoXU8DVLdbk/s1600/eyes2.gif
http://3.bp.blogspot.com/-AAXz5nGFXWc/UAzDKWWKxBI/AAAAAAAACSc/SoXU8DVLdbk/s72-c/eyes2.gif
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/07/warna-mataspektrum-warna-mata-apa-dan_24.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2012/07/warna-mataspektrum-warna-mata-apa-dan_24.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy