Tips membuat ruang bermain yang edukatif



Saat membangun rumah, Anda mungkin berharap anak Anda akan tumbuh sebagai pribadi yang baik, sehat, dan cerdas. Seperti ucapan para ahli paedagogi, sarana belajar anak yang paling baik adalah dengan cara bermain. Karena itu, perlulah kiranya Anda lebih serius dalam mendesain sebuah ruangan, yang dirancang khusus untuk tempat bermain anak-anak Anda. Ruangan ini mungkin juga akan berfungsi sebagai tempat anak Anda menuangkan berbagai kreativitas dan berkarya.

Agar tempat bermain anak terasa semarak, Anda bisa menggambar mural bersama dengan anak Anda. Mural ini dibuat untuk menghiasi tempat bermain favoritnya. Anda bisa membuat gambar apapun, misalnya gambar pesawat, boneka, ataupun gambar seluruh anggota keluarga. Tidak harus di ruangan tertutup, mural ini bisa juga dibuat di dinding pekarangan tempat anak Anda bermain.

Halaman depan atau halaman belakang dapat dirancang secara kreatif misalnya dengan menambahkan perosotan, ayunan, juga kolam plastik untuknya bermain air. Jika Anda memutuskan untuk membuat mural di dalam ruangan, Anda bisa menghiasi ruangan tersebut dengan mainan atau sarana belajar indoor, misalnya rak mainan dan rak buku atau papan tulis.

Anak-anak yang masih kecil biasanya senang mencoret-coret. Tidak hanya kertas yang senang ia coreti. Ia juga akan mencoret-coret tembok serta furnitur di dalam rumah. Jangan membatasi kreativitasnya hanya pada kertas. Anda bisa membuat seluruh ruangan dapat dicoreti tanpa merusaknya. Misalnya dengan menerapkan cat warna hitam di sisi tertentu dinding sebuah ruangan. Sediakan kapur warna-warni anti debu, sehingga anak Anda akan bebas mencoret-coretinya dengan gambar aneka warna.

Tidak hanya cat hitam, Anda juga dapat menerapkan lapisan triplek melaminto yang biasanya dipakai sebagai white board. Pasanglah triplek putih ini sebesar satu sisi dinding atau sebesar apapun yang Anda mau. Lalu sediakan spidol yang bisa dihapus. Ia akan merasa punya kertas yang sangat besar dan membuatnya puas menggambar.

Untuk menambah unsur edukasi, Anda dapat memasang rak buku warna-warni yang bentuknya unik. Ditambah juga dengan kursi-kursi kecil yang nyaman dan berwarna cerah namun tidak menyilaukan mata. Dijamin, anak Anda akan betah berlama-lama di sana untuk membaca.

Kadang, anak-anak ingin mengacak-acak semua mainannya sampai ruangan jadi berantakan. Biarkan ia melakukan itu sesuka hatinya. Namun Anda perlu memfasilitasinya dengan memasang rak, toples-toples, atau baki-baki berbeda ukuran. Misalnya rak besar untuk menaruh buku-buku besar, baki besar untuk menyimpan boneka besar, dan baki kecil untuk menyimpan mainan plastic atau kayu yang kecil-kecil. Ini penting, karena bertujuan mengajarkan anak-anak untuk mau membereskan mainannya sendiri setelah selesai bermain.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tips membuat ruang bermain yang edukatif
Tips membuat ruang bermain yang edukatif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghzji3OcK3eDX9CO7bIbX79YD6D8B2eekkfpLUk0kFBc7BRcRGKudp4x8a17Jsg70q_EkfWCSpA1zb7LwruhA-ISXv0jYMIF1pWP5EZVOgVHgR2Jpq9iQQxVhaZbpKRGXryA-QOK1W0DY/s1600/cheerful-playroom-300x168.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghzji3OcK3eDX9CO7bIbX79YD6D8B2eekkfpLUk0kFBc7BRcRGKudp4x8a17Jsg70q_EkfWCSpA1zb7LwruhA-ISXv0jYMIF1pWP5EZVOgVHgR2Jpq9iQQxVhaZbpKRGXryA-QOK1W0DY/s72-c/cheerful-playroom-300x168.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/10/tips-membuat-ruang-bermain-yang-edukatif.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/10/tips-membuat-ruang-bermain-yang-edukatif.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy