Atap metal rumah Anda berlubang? Inilah tipsnya!



Apakah pernah terpikir oleh Anda jika atap metal rumah Anda berlubang dan harus membongkarnya. Ternyata masalah tersebut tidak selalu harus dibongkar. Dan tidak selalu memerlukan biaya yang banyak untuk memperbaikinya.  Ada dua cara untuk menambalnya. Bagaimana caranya? Berikut akan kami jelaskan untuk Anda.

Pada saat musim hujan ternyata atap metal Anda berlubang. Apakah bisa atap metal ditambal? 

Berikut ini adalah cara untuk menambal atap metal:

1.  Menambal Menggunakan Potongan Lembaran Genteng Metal
  • Untuk menambal bagian yang rusak, Anda akan membutuhkan potongan lembaran atap metal dengan tipe yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyimpan kelebihan lembaran  di rumah saat awal pemasangan. Potong lembaran atap metal menggunakan gunting besi. Lalu, lipat bagian tepinya dengan seksama.
  • Sebelum ditempel, bersihkan bagian atap yang rusak menggunakan sisir yang terbuat dari kawat. Tempel potongan atap metal. Tambahkan pemberat (misalnya batu bata) di atasnya agar potongan tidak terbang. Setelah itu, rekatkan atap dengan potongan lembaran dengan menggunakan solder.
2.  Menambal Menggunakan Potongan Lembaran Kawat
  • Jika Anda tidak memiliki lembaran atap metal dengan tipe yang sama, Anda bisa juga menggunakan lembaran kawat (wire mesh ) untuk menambal. Potong lembaran kawat, lalu letakkan di atas spot yang rusak.
  • Siapkan adukan waterproofing. Lalu, lapisi permukaan kawat dengan waterproofing hingga menyatu dengan atap. Tunggu hingga mengering.
3. Cara yang paling mudah, yaitu dengan memanfaatkan gabus bekas pelindung alat elektronik (Styrofoam) seperti bekas mesin cuci, televisi, dan lain-lain) yang banyak dibuang di tempat sampah. Adapun langkah yang harus anda ikuti adalah sebagai berikut :
  • Dengan sedikit modal, belilah bensin (premium) kurang lebih ½ liter pada pedagang pengecer atau kalau masih memungkinkan ambil saja dari keran sepeda motor anda.
  • Lalu potong-potong gabus (styrofoam) menjadi potongan kecil, sekitar 10-20 cm.
  • Masukkan bensin kedalam kaleng bekas atau bias jugagelas bekas air mineral.
  • Kemudian masukkan potongan gabus kedalam bensin, aduk sampai larut sempurna.
  • Silahkan anda naik ke atas atap metal, ambil lap kering dan bersihkan lokasi yang bocor dari kotoran.
  • Tempelkan adonan tadi dengan kuas, batang kayu ataupun dengan tangan hingga metutup rata bagian yang diperkiran bocor.
  • Tunggu beberapa saat sampai kering dengan sendirinya.
  • Untuk penggunaan gabus (Styrofoam) biasanya hanya bertahan kurang lebih 6 (enam) bulan setidaknya sampai dengan berlalunya musim penghujan.
4. Cara praktis lainnya yaitu dengan membeli Sealant (silicon) atau lem aquarium yang banyak dijual di toko bangunan. Cari sumber kebocoran, setelah ditemukan, lakukan perbaikan terhadapnya, yaitu :
  • Jika Kebocoran terjadi pada Nok (Rabung), lakukan perbaikan dengan cara Mengganti, Merapikan Kembali, atau Memeriksa Paku atau Sekrup SDS (Self Drilling Screw) Atap tersebut. Lakukan penilaian anda sendiri untuk memilih Alternatif Perbaikan diatas. Gunakan Sealant (Silikon Watershield) pada Paku atau Sekrup SDS Atap apabila diperlukan.
  • Jika kebocoran terjadi pada Talang pada Jurai, kita periksa terlebih dahulu apakah Kebocoran Talang ini berdiameter besar atau kecil. Apabila berdiameter kecil, kita dapat melakukan Penambalan terhadapnya dengan menggunakan Bahan Additive (penambal) yang banyak dijual di Toko Material Bangunan. Jika Kebocoran berdiameter besar, silahkan ganti Talang Jurai anda dengan yang baru.
  • Jika kebocoran terjadi pada Genteng Metal itu sendiri, periksa kembali sumber kebocoran tersebut. Apabila bocor terjadi pada Sambungan antar lembaran Genteng Metal, maka rapikan kembali Susunan Lembaran Genteng Metal tersebut dan kembali lakukan Pemakuan / Sekrup SDS dengan kuat dan rapi. Jika kebocoran terjadi pada Paku atau Sekrup SDS saja, maka dapat diatasi dengan memberikan Sealant (Silikon) pada Paku atau Sekrup SDS tersebut agar air tidak bisa merembes masuk.
  • Jika kebocoran terjadi pada Wall Flashing, perhatikan dengan seksama apakah bocor terjadi pada Lembaran Wall Flashing atau pada Plesteran Penutup Wall Flashing tersebut. Jika terjadi pada Lembaran Wall Flashing, maka lakukan perbaikan dengan cara Merapikan atau Mengganti Lembaran Wall Flashing tersebut. Apabila terjadi pada Plesterannya saja, dapat diperbaiki dengan mengoles Bahan Water Proofing pada Plesteran tersebut, sehingga tidak bocor lagi.
Setelah perbaikan dilakukan kita harus memeriksanya kembali pada keesokan harinya. Lakukan pemantauan pada saat hari Hujan, agar bisa dibuktikan apakah perbaikan telah berjalan sukses atau tidak. Apabila masih ada kebocoran, lakukan pemeriksaan kembali dan tahapan perbaikan diatas dengan lebih teliti dan lebih rapi.

Selamat mencoba!...






COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Atap metal rumah Anda berlubang? Inilah tipsnya!
Atap metal rumah Anda berlubang? Inilah tipsnya!
http://2.bp.blogspot.com/-gLNyJzWncg8/UwGVHE0HbrI/AAAAAAAAEdU/iIYG21HgU_c/s1600/Dua-Cara-Menambal-Atap-Metal_idea641.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-gLNyJzWncg8/UwGVHE0HbrI/AAAAAAAAEdU/iIYG21HgU_c/s72-c/Dua-Cara-Menambal-Atap-Metal_idea641.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/09/atap-metal-rumah-anda-berlubang-inilah.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/09/atap-metal-rumah-anda-berlubang-inilah.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy