Tahukan Anda Bahwa Air Kelapa Banyak Manfaatnya?



Kelapa (Cocos nucifera) termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10-14 m lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3-4 m lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2-10 buah kelapa setiap tangkainya. 

Berikut ini adalah manfaat air kelapa muda untuk kesehatan:

1. Menjaga keseimbangan elektrolit
Air kelapa muda merupakan cairan isotonik, sehingga bisa mengantikan mineral dan elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh. Bahkan organisasi pangan dunia atau FAO (Food and Agriculture Organization) pernah meneliti dan berusaha mematenkan air kelapa muda sebagai minuman isotonik.

2. Mengatasi gangguan kencing
Berbagai gangguan saluran kencing bisa diatasi dengan air kelapa muda, termasuk polyuria (sering kencing), stranguria (susah kencing) dan lain-lain. Efeknya pada masing-masing individu bisa bervariasi tergantung penyebab dan tingkat keparahannya.

3. Memecah batu ginjal
Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, pasien batu ginjal sering mengkombinasikannya dengan minum air kelapa muda. Efeknya plak atau kerak yang terbentuk di ginjal lebih mudah melunak dn dikeluarkan bersama air kencing.

4. Membunuh cacing di usus
Ada mitos yang mengatakan jika terlalu bayak makan kelapa bisa menyebabkan infeksi cacing kremi, namun tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah. Justru minum air kelapa muda dicampur 1 sendok teh minyak zaitun sebanyak 3 kali sehari bisa membasmi cacing kremi dari usus.

5. Pengganti plasma darah
Komposisi kimiawi air kelapa muda hampir identik dengan plasma darah sehingga mudah untuk ditransfusikan. Dalam kondisi darurat terutama di masa perang dunia II, air kelapa muda sering ditransfusikan pada prajurit yang sekarat ketika bantuan plasma darah belum datang.

6. Anti kuman
Belum banyak penelitian yang membuktikan hal ini, namun beberapa ahli percaya air kelapa muda ampuh menyingkirkan virus dan berbagai mikroorganisme patogen (penyebab penyakit). Kandungan monolaurin di dalamnya diyakini ampuh membasmi virus flu, herpes dan bahkan HIV.

7. Mengatasi mual muntah
Mabuk kendaraan serta berbagai penyakit seperti malaria, typhoid serta demam berdarah bisa memicu gejala mual muntah. Untuk mengatasinya, minum air kelapa muda bisa membantu menetralisir kondisi lambung sehingga mengurangi gejala tersebut.

8. Mencegah Obesitas 
Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.

9. Mengatasi gangguan saluran pencernaan
Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan saluran pencernaan.

10. Mengontrol suhu tubuh
Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.

11. Membantu aktifitas diet 
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

12. Membersihkan racun 
Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.

13. Mengatasi infeksi urin
Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

14. Mencegah kerontokkan rambut
Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

15. Anti jerawat
Air kelapa pun dapat membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus.

16. Merangsang titik pusat seksual tubuh
Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih. 

17. Mengobati luka
Manfaat air kelapa dapat untuk mengobat luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksim. Caranya dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa. Cara membuatnya sangat mudah, sediakan kira-kira segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, lalu beras ditumbuk hingga halus. Cara pakainya yaitu dengan cara mengoleskan tepung beras tersebut pada bagian yang sakit secara rutin setiap hari selama 3-4 hari.

18. Mengobati luka bakar
Air kelapa bisa juga untuk mengatasi obat luka bakar. Caranya air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama. Gunakan ramuan tersebut pada yang sakit.

19. Obat diare
Bahan: 400 mL air kelapa muda, 200 mL air matang, 1 sdm gula batu (bisa didapatkan di supermarket atau apotek), 1/4 sdm garam. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur semua bahan di atas, aduk hingga merata. Dosis: anak usia 6-12 tahun minum sebanyak dan sesering mungkin.

20. Obat muntaber
Cara membuatnya, campur 1/2 gelas air kelapa muda, 1/2 sdt garam, dan 1/2 gelas air matang. Aduk sampai garamnya larut. Cara pakainya, minum setiap 2 jam sekali sampai berak-berak berkurang. Lalu lanjutkan setiap 4 jam sekali jika berak-berak semakin berkurang.

21. Membuat suara jadi merdu
Air kelapa muda yang diembunkan semalam dan pagi harinya diminum secara rutin setiap harinya dapat membuat suara menjadi lembut dan merdu.

22. Mencegah rambut uban
Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cuci rambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.

23. Mengurangi efek alkohol
Minuman beralkohol yang masuk ke dalam lambung memang bisa dikeluarkan dengan cara minum air kelapa untuk membuat muntah (karena air kelapa bisa berfungsi sebagai antidotum atau penawar zat-zat tertentu). Air kelapa juga bisa mengencerkan kadar minuman keras, hingga efeknya menjadi lemah. Tapi bila minuman keras tersebut sudah merasuk ke dalam jaringan -apalagi bila sudah menimbulkan kerusakan jaringan yang sifatnya permanen- maka konsumsi air kelapa sama sekali tidak ada manfaatnya.

24. Memperbaiki sistem imunitas
Sistem imun dibentuk antara lain dari protein. Dengan kandungan protein rendah, maka kemungkinan untuk dapat membentuk antibody juga rendah. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan  zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dalam jumlah kecil air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. Jadi air kelapa juga bisa Anda andalkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

25. Menurunkan demam penderita DBD
Sebagaimana penyakit lain yang disebabkan oleh virus, demam berdarah berkaitan dengan daya tahan tubuh. Bagi penderita demam dengue yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Tergantung dari kondisi pasien. Air kelapa diperlukan karena mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh (tapi bukan untuk menaikkan trombosit). Trombosit berangsur-angsur akan naik sejalan dengan proses penyembuhan. 

26. Memberi manfaat setara susu sapi
Kandungan protein air kelapa muda 0,2 g/100 g, sementara pada susu sapi 3,2 g/100 g. Semua protein hewani (kecuali gelatin) adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial. Susu sapi pastinya mengandung asam amino esensial lebih lengkap daripada air kelapa. Asam amino esensial sendiri adalah asam amino yang mutlak diperlukan tubuh, namun tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Jadi harus berasal dari luar. Yang termasuk asam amino esensial seperti lisin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin, valin, metionin, dan histidin . Pada air kelapa, kandungan asam amino arginin 12,75 %, alanin 2,41 % , sistein (1,17 %), serin (0,91 %) yang memang kandungannya lebih tinggi daripada susu sapi. Tapi keempat asam amino tersebut bukanlah asam amino esensial. Inilah perbedaannya. Sedang asam amino lain yang terdapat dalam air kelapa adalah; glutamin, histidin, fenilalanin, tirosin, leusin, lisin, tirosin, dan histidin. Glutamin adalah asam amino tertinggi pada air kelapa.


Sumber: HerbalNewsPedia.



COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tahukan Anda Bahwa Air Kelapa Banyak Manfaatnya?
Tahukan Anda Bahwa Air Kelapa Banyak Manfaatnya?
obat tradisional, obat herbal, herbal, obat alami, minuman sehat alami, obat kuat
http://3.bp.blogspot.com/-TdsNzicFYic/U8Ee_zRetlI/AAAAAAAAKGw/oh4QHgIWIog/s1600/Buah+Kelapa+Hijau.png
http://3.bp.blogspot.com/-TdsNzicFYic/U8Ee_zRetlI/AAAAAAAAKGw/oh4QHgIWIog/s72-c/Buah+Kelapa+Hijau.png
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/07/tahukan-anda-bahwa-air-kelapa-banyak.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/07/tahukan-anda-bahwa-air-kelapa-banyak.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy