Tanaman Hoki



Dalam penjabaran Feng Shui ada konsep yang menawarkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing tanaman. Ini kemudian dijadikan bentuk penilaian, sehingga menghasilkan nilai baik dan buruk dari jenis tanaman tertentu. Jenis tanaman yang bernilai “baik” sering diartikan dapat mengundang hawa rejeki untuk singgah di dalam rumah. Menurut para praktisi spiritual, tanaman memiliki manfaat terhadap tempat yang didiaminya. 

Berikut ini adalah tanaman yang bisa memberikan hoki/keberuntungan kepada pemiliknya:

Bunga Matahari (Helianthus annuus L.): menciptakan ketentraman, kebahagiaan dan keharmonisan.

Bunga ini sering ditanam di halaman rumah karena keindahannya. Orang banyak meminati bunganya yang berwarna kuning dengan kelopak di sekelilingnya. Bagi sebagian orang bunga matahari juga bisa mendatangkan keberuntungan. Konon, jika tumbuhan ini ditanam di halaman rumah, keluarga akan menjadi tenteram, bahagia dan harmonis.

Bunga Teratai  (Nymphaea): menciptakan kesejahteraan, kebahagiaan dan suasana yang harmonis.

Pernah membayangkan memiliki kolam di depan rumah dengan bunga teratai di atasnya ? Pasti indah sekali. Tanaman yang satu ini memang melambangkan keindahan. Teratai tergolong jenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama waterlily. Ada berbagai macam warna bunga teratai seperti merah, putih, hingga kuning. Dibalik keindahannya, bunga teratai diyakini mampu mendatangkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga.

Keladi Besar (Alocasia macrorrhiza): menangkal pencuri masuk ke dalam rumah.

Perumpamaan ’tua-tua keladi, makin tua makin jadi’ memang sesuai dengan tanaman yang satu ini. Diyakini, semakin besar keladi yang ditanam di halaman rumah, semakin besar pula rejekinya. Konon, orang yang menanam keladi di halaman rumahnya akan dijauhkan dari pencurian. Malang jadi malas masuk halaman rumah karena tanaman keladi seolah menutup pandangannya. Keladi termasuk jenis tanaman Caladium atau suku talas-talasan yang berasal dari Brasil.

Kuping Gajah (Anthurium crystallinum): membawa rejeki.

Banyak orang mengira tanaman ini memiliki ukuran sebesar namanya. Nama kuping gajah hanya dikenal di Indonesia. Di negara lain tanaman ini dikenal dengan nama latin yaitu Anthurium crystallinum. Karena bentuknya yang menyerupai kuping gajah, besar dan berbentuk hati, maka masyarakat pun menamainya demikian. Sebagian orang meyakini dengan menanam tanaman ini di halaman rumahnya akan mendatangkan rezeki dan materi berlimpah.

Mawar (Rosa): mendatangkan rejeki.

Selain dikenal dengan bentuk bunganya yang cantik, bunga ini juga selalu dijadikan simbol cinta dan romantisme karena bentuk bunganya yang sangat indah. Ternyata Mawar tak melulu hanya identik dengan cinta. Bagi sebagian masyarakat, tanaman satu ini diyakini bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah bila ditanam di halaman rumah. Rezeki ini tidak hanya berhubungan dengan materi, tapi juga rezeki kebahagiaan dan keberuntungan.

Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata): mendatangkan berkah dan kebajikan.

Tanaman ini sering dijadikan tanaman ‘pagar’ tinggi untuk halaman rumah. Bentuknya yang menjulang tinggi mampu meneduhkan rumah bila ditanam berderet. Dari berbagai jenis tanaman palem, jenis palem ekor tupai paling sulit ditemukan, sehingga harganya cukup mahal. Palem yang tergolong spesies Wodyetia bifurcata ini oleh sebagian orang diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan.

Palem Merah (Cyrtostachys lakka Becc.): menjaga dari hal-hal negatif (teluh, santet, guna-guna dll), membawa rejeki.

Bagi sebagian masyarakat Jambi, Palem Merah dipercaya mempunyai khasiat ghaib dimana bila ditanam di depan rumah akan mampu menolak segala bentuk bala dan guna-guna yang ditujukan kepada penghuninya. Spesies: Cyrtostachys renda. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Lipstick Palm, Scarlet Palm, Sealing Wax Palm, Red Palm, dan Sumatra Wax Palm.

Panchira / pohon uang (Pachira aquatica ): membawa rejeki.

Memiliki nama ilmiah Pachira aquatica. Biasa disebut money tree atau pohon uang. Bentuknya mungil, tinggi antara 25-30 cm. Tanaman ini dipercaya bisa membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan, keberuntungan dan panjang umur. Memiliki daun 5 jari dengan ujung yang lancip menyerupai tangan manusia. Pohon yang terkepang, menyiratkan mampu menampung rezeki yang masuk. Penempatannya yang tepat di ruang tamu.

Pandan (Pandanus amaryllifolius): menjaga ayam peliharaan dari serangan musang.

Selama ini pandan lebih dikenal sebagai tanaman dapur. Kalaupun ditanam di halaman rumah tujuannya tetap untuk masak memasak. Namun ternyata bagi sebagian peternak di Indonesia, pandan digunakan untuk melindungi ayam dari musang. Binatang ini akan lari kalau melihat pandan. Bentuknya yang panjang dan berwarna hijau, ternyata mampu mengelabui musang dan dikira ekor induk ayam. Tanaman ini merupakan keluarga tumbuhan monokotil dari jenis pandanus. Awalnya tumbuh di pantai tropika Afrika Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Tanaman ini bisa mencapai tinggi dari 50 cm, 5 meter hingga 10 meter seperti yang terdapat di pedalaman Papua.

Pohon Buah Naga (Hylocereus dan Selenicereus): membawa kesenangan. suasana ceria, dan harmonis. 

Buah dari tanaman naga atau sering disebut dragon fruit memiliki banyak khasiat, seperti mengobati kanker, jantung dan memperlancar pencernaan. Tal heran bila banyak orang mengonsumsi buah naga untuk dijadikan makanan dan minuman. Tanaman naga tergolong keluarga kaktus. Batangnya memang kurang enak dipandang, tapi tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya. Lihat saja di negara Vietnam dan Thailand. Di sana buah ini sering ditaruh di atas meja sebagai simbol kesenangan bagi orang yang memandangnya. Dalam bahasa Inggris buah naga disebut pitaya.

Sedap Malam (Polianthes tuberosa): menciptakan keharmonisan dan ketentraman.

Tanaman ini berasal dari Meksiko dengan nama latin Polianthes tuberose. Dikenal sebagai tanaman abadi oleh suku Agavace di Afrika. Tanaman ini memang unik karena memiliki wangi yang kompleks, mulai dari wangi manis sampai eksotis. Beberapa negara memakai tanaman ini untuk bahan dasar pembuatan minyak wangi. Selain harum, konon sedap malam mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Ketenangan ini sebagai efek dari wewangian yang dihasilkan.

Bambu rezeki (Dracaena sanderiana)

Tanaman ini dipercaya berpotensi membawa hal baik. Bisa ditempatkan di ruang keluarga. Jika memungkinkan, sangat tepat ditempatkan di dekat jendela.

Sri Rejeki (Aglaonema)

Dari namanya sudah mengandung keberuntungan atau pembawa rejeki, seperti halnya ikan lou han. Semakin jelas warna yang muncul di daun, akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Warna kuning atau emas, dipercaya membawa rezeki. Letakkan di teras depan.

Anthurium (Anthurium)

Daun Anthurium yang berkilau, menjadikan tanaman hias ini simbol kejayaan. Tak hanya cantik diletakkan di teras, bagus juga diletakkan di atas meja.

Bunga Seruni atau Krisan (Chrysanthemum indicum L.)

Dipercaya memiliki kekuatan magis, yaitu membuat orang muda selamanya. Bisa ditanam di halaman atau pot.

Jeruk Emas/jin ju (Triphasia trifolia, syn. T. aurantiola Lour. dan Limonia trifolia Burm.)

Buah sangat banyak dan berwarna kuning. Biasanya dibagikan saat imlek. Sebagian orang percaya, bagi orang yang menerima akan mendapat kesuksesan dan kekayaan.



Sumber: astroshiopedia.


COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Tanaman Hoki
Tanaman Hoki
http://2.bp.blogspot.com/-y_BN9eFEEWg/U5Vj6J-EYgI/AAAAAAAAJ8Y/Fcw65C4sNes/s1600/teratai+air.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-y_BN9eFEEWg/U5Vj6J-EYgI/AAAAAAAAJ8Y/Fcw65C4sNes/s72-c/teratai+air.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/06/tanaman-hoki.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/06/tanaman-hoki.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy