Inilah cara agar rumah lebih sejuk tanpa AC



Tahun 2014 adalah tahun Kuda Kayu dan Kuda merupakan elemen Api yang terkuat diantara Shio-Shio lainnya. Konon dengan kuatnya elemen Api ini maka bisa dibilang sepanjang tahun Kuda Kayu 2014 akan didera panas dan kemarau yang cukup panjang. 

Nah, kondisi cuaca panas ini akan menyebabkan juga suasana didalam rumah kita menjadi panas. Oleh sebab itu, solusi yang termudah adalah dengan memasang AC dalam rumah. Dan sebagian besar orang pun menganggap tidak mungkin untuk membuat hunian lebih sejuk tanpa adanya pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Padahal dengan hanya menerapkan prinsip-prinsip dasar lingkungan, hunian kita akan lebih sejuk dengan alami, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Apa saja yang bisa kita terapkan untuk menyejukkan hunian tanpa AC? Berikut penjelasannya.

1. Udara panas keluar, udara dingin masuk
Hal paling mendasar yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesejukan udara hunian tanpa AC ialah menjaganya agar tidak terlalu banyak sinar mentari yang masuk dan membuat udara sejuk masuk saat malam hari. Selama siang hari, tutup atau buka sedikit saja jendela, tirai, atau apa saja yang bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari masuk, terutama sisi timur dan barat rumah Anda. Jika Anda memiliki teras, Anda bisa memasang sebuah tirai atau penahan sinar agar terik matahari tidak masuk langsung ke hunian.

2. Jendela
Gunakan warna cerah atau putih di jendela atau aksesorisnya sehingga sinar matahari terpantul keluar hunian. Anda bisa juga menggunakan lapisan pemantul ke jendela untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Di malam hari, biarkan saja hunian Anda terhubung dengan udara luar jika memungkinkan tanpa harus mempertaruhkan risiko keamanan, karena menutup jendela sebagai jalan keluar ke udara bebas akan membatasi sirkulasi udara dan menyimpan panas dalam hunian.

3. Gunakan kipas angin
Udara yang bergerak suhunya lebih rendah dari udara yang diam. Di malam hari tempatkan kipas angin di jendela untuk membawa masuk udara sejuk. Kipas angin di atap hunian bisa juga digunakan.

4. Ubah kipas angin jadi AC
Caranya? Tempatkan sewadah bongkahan es atau botol air dingin di depan kipas angin.

5. Temukan sumber panas
Cara lain yang harus ditempuh selain mendinginkan hunian ialah menemukan biang keladi yang membuat hunian Anda gerah. Biasanya alat-alat rumah tangga bisa mengeluarkan panas berlebihan yang membuat suhu ruang meningkat tanpa kita sadari. Jika Anda keluar, matikan semua peralatan listrik untuk mencegah pemborosan dan pengeluaran panas terus menerus dari alat bertenaga listrik yang tidak sedang digunakan. Jika Anda menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, cobalah gunakan peralatan yang menghasilkan panas hanya saat udara/ cuaca tidak sedang panas-panasnya.

6. Bohlam listrik
Ganti bohlam biasa yang konvensional dengan bohlam fluorescent yang lebih rendah temperaturnya saat digunakan. Matikan lampu saat tidak digunakan.

7. Kelembaban
Kelembaban membuat hunian terasa lebih panas dan pengap. Cucilah pakaian dan kain kotor di fajar atau malam hari saja. Jika kamar mandi, ruang cuci pakaian atau dapur memiliki ventilasi, bukalah ventilasi. Berinvestasilah dengan membeli alat pengurang kelembaban

8. Sekatlah loteng
Sebuah loteng yang disekat dengan baik terutama saat ventilasi loteng digunakan, ialah salah satu cara terbaik untuk mengusir udara panas dari hunian.

9. Penataan lansekap
Saat Anda menata lansekap hunian, perhatikan juga pepohonan di sekitar hunian. Jangan tebang pohon yang sudah ada kecuali jika memang sangat terpaksa. Tanam pohon-pohon yang kokoh (berakar tunggang), tanaman menjalar yang menyejukkan dinding luar rumah. Hindari penggunaan bebatuan yang bisa menyerap panas, seperti semen dan aspal, yang terlalu dekat dengan hunian.

10. Buat kolam
Unsur air dalam hunian selain menambah estetika, juga bisa digunakan untuk memberi kesan sejuk. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanami tetumbuhan dan rumput yang bisa menyerap panas.

COMMENTS

Name

Action,3,Animals,1,arsitek,12,Artist,2,Berita,17,Bisnis,2,Cat,9,Creativity,25,Curhat,1,Dekorasi,224,Distributor,1,Event,10,Eyes,2,Feng Shui,31,History,17,Hot Topics,176,Ide,33,Ideas,58,Imlek,16,Info,174,Infotech,3,Kaleng,1,Kreasi,31,Kuis,1,Kuliner,4,Label,1,Latest News,3,Mkt4U,12,Mudik,12,Penting,8,Polyurethane,1,Powder Coating,4,Produk,8,Produk Baru,4,Project,4,Promo,16,Quiz,5,Reviews,1,Seri Rumah,436,Services,3,Shio,98,Solusi,21,Test,5,Tinting,5,Tips,379,trend,24,Ucapan,43,Umum,19,Valentine,6,Video,2,Warna,70,Waterproofing,2,Widget Blog,1,Zodiac,2,
ltr
item
SCI Pusat: Inilah cara agar rumah lebih sejuk tanpa AC
Inilah cara agar rumah lebih sejuk tanpa AC
http://1.bp.blogspot.com/-zwgorGdnR_o/Usz9z3SJy2I/AAAAAAAAENA/OJkY1Dh4GYA/s1600/995238_486294654813860_676753670_n.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-zwgorGdnR_o/Usz9z3SJy2I/AAAAAAAAENA/OJkY1Dh4GYA/s72-c/995238_486294654813860_676753670_n.jpg
SCI Pusat
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/01/inilah-cara-agar-rumah-lebih-sejuk.html
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/
https://sci-pusat.blogspot.com/2014/01/inilah-cara-agar-rumah-lebih-sejuk.html
true
6744560664161843330
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy