Pages

News Update :

Minggu, 24 Maret 2013

Trend Warna Indonesia 2014: Bahari Nusantara



Trend warna Indonesia 2013 masih terus membahana sampai saat artikel ini dibuat, namun SCI i-color creation kembali mengeluarkan prediksi trend warna Indonesia untuk Tahun 2014. 

SCI i-color creation kali ini secara resmi mengeluarkan prediksi Trend Warna Indonesia 2014, yang bertemakan "Bahari Nusantara". Sesuai tema, maka kami akan memberikan inspirasi warna-warni yang terinspirasi dari panorama pantai dan keindahan bawah laut Indonesia yang eksotis. 

Mari langsung saja kita simak apa saja warna-warni bahari nusantara yang diprediksi akan menjadi trend warna Indonesia 2014 tersebut:



Maluku Utara ternyata menyimpan keindahan bawah laut yang sangat menawan yakni keindahan bawah laut Pulau Motorai. Anda akan menemukan deretan terumbu karang yang indah lalu ikan yang menarik hati. Bukan hanya itu saja, pulau yang berada di sebelah utara Pulau Halmahera ini, menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah. Layaknya museum, bawah laut ini memiliki banyak peninggalan dari Perang Dunia II. Benda yang akan ditemui ketika anda menyelam ditempat ini salah satunya adalah kapal Bristol Beuford dan pesawat pengebom Australia. Kapal dan pesawat tersebut dulunya dipakai untuk membasmi kapal Jepang ketika Perang Dunia II lalu. Peninggalan itu berada di kedalaman sekitar 40 meter bagian selatan Pulau Morotai.

Jika bicara warna, maka warna Oranye adalah warna yang hangat, bersemangat dan flamboyan. Ini adalah energi yang dikombinasikan dengan menyenangkan, warna bagi si pengambil risiko, yang ekstrovert dan tanpa hambatan. Dalam psikologi warna oranye berarti petualangan, optimisme, rasa percaya diri dan sosialisasi. 


Warna oranye memberikan vitalitas, mengilhami dan menciptakan antusiasme. Hal ini merangsang nafsu makan dan percakapan sosial dan karena itu warna oranye ini berfungsi dengan baik di restoran dan gerai makanan lainnya. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan beberapa bentuk oranye di dekorasi, seperti di perabot atau pencahayaan. Ini tidak perlu menjadi warna oranye terang – salmon, karang, terakota, dan versi lain dari jeruk juga akan tampak baik. Sebuah restoran mahal akan terlihat lebih elegan dengan warna oranye. Kombinasikan dengan warna terong, ungu, atau biru untuk tampilan yang unik, kontemporer dan berkelas. 


Warna oranye juga memberikan kesan keterjangkauan, tergantung pada warna yang dipilih dan kombinasinya dengan warna lain. Oranye yang terlalu banyak dapat mencitrakan posisi harga yang murah. Lebih lembut daripada Warna merah, oranye melambangkan energi yang lebih feminin dan energi penciptaan. 




Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik. Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya. 

Pada dasarnya warna laut identik dengan warna biru muda, sedangkan warna biru muda mempunyai makna kejernihan pikiran dan komunikasi. Ini mengilhami ekspresi diri, mendorong orang untuk menyetel ke kebutuhan mereka sendiri.


Secara psikologis warna biru muda menenangkan emosi dan mengisi kembali semangat, menyegarkan tingkat energi yang habis dan pikiran positif inspirasi.


Biru muda adalah warna bermanfaat bagi setiap bisnis yang berhubungan dengan komunikasi, termasuk guru, pelatih, pembicara publik, media komunikasi dan teknologi komputer. Biru muda adalah warna yang baik untuk klinik kesehatan dan praktisi karena menyeimbangkan emosi dan menenangkan roh.Menggunakan biru muda untuk produk pembersih sangat ideal karena mencerminkan kebersihan dan kemurnian tanpa terlalu steril.


Biru muda terlalu banyak bisa menciptakan keraguan, sebagian orang menyeimbangkannya antara energi biru dengan energi kuning. Kesimbangan lainnya adalah dengan beberapa warna merah, krem, magenta, merah muda, atau ungu.






Tidak hanya kondisi pantainya yang cantik, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami. Taman bawah laut Pink Beach adalah rumah bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai cantik ini. Pink Beach adalah daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink keunguan yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak. 

Bicara tentang warna ungu muda, maka pada dasarnya warna ini terbuat dari pencampuran warna biru dan merah, yang menunjukkan sifat kebangsawanan, kemewahan, kekayaan, kerajaan, romantisme. Warna ungu adalah warna yang sangat jarang muncul di alam. Bahkan jaman purbakala dulu, untuk membuat warna ungu, orang-orang menggunakan beberapa jenis kerang. Selain mengungkapkan sifat-sifat tersebut, warna ungu juga mengungkapkan arogansi, ketidakseimbangan dan lain-lain.


Kebanyakan orang mendekorasi ruangan dengan menggunakan warna ungu sebagai mayoritas bertujuan agar terlihat mewah dan artisitik. 


Penggunaan warna ungu dalam hal desain bisa digunakan jika kita menginginkan image yang tercipta dari desain kita itu mewakili luxury/mewah/artisitik, sehingga patut digunakan ketika mendefinisikan suatu produk atau jasa yang nilainya mahal namun memiliki nilai lebih di dalamnya. 


Secara psikologis warna ungu melambangkan perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka. Warna ungu juga menunjukkan kemampuan untuk menciptakan unsur magis dan keindahan. 






Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. 

Kembali tentang warna Hijau, maka warna Hijau dapat diartikan sebagai warna pertumbuhan dan vitalitas, terkait dengan kehidupan baru dan pembaharuan. Hijau berkaitan dengan keseimbangan dan keharmonisan pikiran, tubuh dan emosi. Ini membantu dalam pengambilan keputusan, membantu kita untuk melihat semua sisi dengan jelas. 


Warna Hijau juga melambangkan kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan. Karena warna hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas. Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau. Selalu dikaitkan dengan warna alam yang menyegarkan, membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi. Warna ini elegan, menyembuhkan, menimbulkan perasaan empati terhadap orang lain. Nuansa hijau dapat meredam stres, memberi rasa aman dan perlindungan. 


Hijau gelap berhubungan dengan uang, kekayaan dan prestise, sementara hijau muda berhubungan dengan pertumbuhan dan kesegaran. Hijau dianggap sebagai warna uang di dunia Barat.


Terlalu banyak hijau dapat menyebabkan perasaan iri, keserakahan dan keegoisan. Warna hijau zaitun tua dapat memiliki konotasi negatif kecuali dikaitkan dengan lingkungan.



Nah itulah prediksi trend warna Indonesia 2014 dari kami, semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dengan warna-warni bahari nusantara

"Ingat, jagalah selalu kelestarian alam laut Indonesia demi anak cucu kita di masa depan!" 


PS:
Inspirasi warna-warni bahari nusantara untuk prediksi trend warna Indonesia 2014 di atas ternyata sangat sesuai dengan warna-warna yang akan membawa keberuntungan/hoki di Tahun 2014 yaitu Tahun Kuda Kayu. Lebih jelasnya silahkan Klik Disini!


*Sumber foto dari berbagai sumber.






Powered by cat tembok Kem-Tone, Spectrum dan ColorTone.





1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...